Presiden Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Presiden Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020
Joko Widodo. ( Foto: Antara )
Novy Lumanauw / FER Jumat, 24 Januari 2020 | 17:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, data kependudukan yang valid dan akurat menjadi kunci utama keberhasilan pembangunan sebuah negara.

Presiden Tegaskan Pentingnya Sensus Penduduk 2020

Penggunaan data yang akurat akan memudahkan penyusunan perencanaan pembangunan, pengambilan keputusan yang tepat, dan mengeksekusi program yang tepat sasaran.

"Saya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan menyukseskan Sensus Penduduk 2020,” kata Presiden Jokowi pada Pencanangan Pelaksanaan Sensus Penduduk di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Presiden Jokowi mengungkapkan, kunci utama kesuksesan sensus penduduk tahun ini adalah partisipasi dari seluruh elemen bangsa. "Hajatan ini harus didukung semua pihak," tegasnya.

Jokowi: Data Lebih Mahal dari Minyak

Menurut Presiden Jokowi, sensus penduduk yang dilaksanakan setiap 10 tahun bertujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan. Nantinya, data kependudukan itu akan digunakan sebagai data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang.

"Data hasil Sensus Penduduk 2020 nantinya tidak hanya bermanfaat untuk membuat perencanaan masa kini, tapi juga membuat proyeksi sampai tahun 2050," ujarnya.

Pada Sensus Penduduk 2020, pemerintah menghadirkan inovasi dan kemudahan bagi masyarakat untuk berpartisipasi. Kini, masyarakat dapat mengikuti sensus secara daring dengan mengakses laman yang beralamat di sensus.bps.go.id yang pengisiannya akan dimulai pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang.

Jokowi Nilai Langkah Prabowo Sesuai Prosedur

"Sensus penduduk online agar masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam sensus dengan mudah. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk pendidikan kepada masyarakat untuk mulai sadar betapa pentingnya data administrasi yang sejalan dengan program Indonesia Sadar Administrasi," kata Presiden Jokowi.

Sedangkan penduduk yang belum mengikuti sensus secara daring pada periode tersebut, petugas sensus akan mendatangi rumah-rumah penduduk untuk melakukan sensus, yang akan dimulai pada 1 Juli hingga 31 Juli 2020.

"Saya ingin memerintahkan kepada seluruh kementerian dan lembaga, termasuk di dalamnya Pemda, beserta seluruh pihak untuk memberikan dukungan penuh dalam menyukseskan kegiatan Sensus 2020 ini," tegas Presiden Jokowi.



Sumber: Investor Daily