Presiden Perintahkan Menkes Awasi Virus Korona

Presiden Perintahkan Menkes Awasi Virus Korona
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mengoperasikan alat pendeteksi suhu tubuh di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Rabu 22 Januari 2020. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / FER Jumat, 24 Januari 2020 | 18:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh pihak agar mewaspadai wabah virus Korona. Presiden sudah meminta Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, memantau virus tersebut.

Kemkes Antisipasi Virus Korona dari Tiongkok

"Terpenting kita waspada, hati-hati. Saya sudah perintahkan ke Menkes untuk diawasi secara detil," kata Presiden di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Menurut Presiden, tindakan preventif dalam mencegah penyebaran virus Korona di Indonesia telah dilakukan. Setiap warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing yang datang dari luar negeri, diperiksa atau dicek kesehatannya.

"Kita kan juga sudah siap mencek dengan scanner setiap kedatangan dari luar. Siapa pun yang kita perkirakan kemungkinan besar terjangkit. Tapi sampai sekarang informasi yang saya terima dan moga-moga seterusnya, tidak ada yang terjangkit Korona," tegas Presiden.

Antisipasi Virus Korona, Petugas Bandara Siapkan Masker

Sementara itu, Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengaku telah berkoordinasi dengan Menkes menyangkut pencegahan masuknya virus Korona. "Jangan sampai kecolongan gitu," ungkap Moeldoko.

Menurut Moeldoko, berbagai upaya preventif sebagaimana disampaikan juga oleh Presiden, sudah dijalankan. Moeldoko pun optimistis WNI di Tiongkok, mengantisipasi penyebaran virus Korona.

"Intinya kan semua dari kita masyarakat Indonesia yang ada di sana pasti bisa antisipasi dengan baik," kata Moeldoko seraya menyebut belum ada larangan berkunjung bagi WNI ke Tiongkok.



Sumber: Suara Pembaruan