Bengkulu Tempatkan Alat Deteksi Korona di Bandara dan Pelabuhan

Bengkulu Tempatkan Alat Deteksi Korona di Bandara dan Pelabuhan
Bandara Fatmawati Bengkulu. (Foto: Hanebee / Hanebee)
Usmin / WBP Minggu, 26 Januari 2020 | 15:24 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu telah menempatkan peralatan medis untuk mendeteksi virus korona di bandara dan pelabuhan laut di daerah ini.

"Dinkes telah berkoordinasi dengan pihak terkait guna mencegah berjangkitnya virus korona di wilayah Bengkulu," kata Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni kepada SP, di Bengkulu, Minggu (26/1/2020).

Ia mengatakan, untuk mengoperasikan alat pendeteksi virus korona, pihaknya sudah memberi arahan pada petugas di lapangan.

Dinkes juga telah menyebarkan sejumlah poster tentang proses penularan dan ciri-ciri virus korona kepada masyakarat agar mereka paham sehingga bisa terhindar dari ancaman virus mematikan dari Wuhan, Tiongkok tersebut. Dinkes Bengkulu juga sudah melakukan koordinasi dengan rumah sakit, jika ditemukan ada warga yang terjangkit korona.

Herwan Antoni menambahkan, Dinkes Bengkulu juga memperketat pemeriksaan setiap penumpang pesawat udara dan kapal laut yang datang ke Bengkulu dari luar negeri. Sejauh ini tidak ada penerbangan internasional dari Bengkulu.

"Jadi, kalau ada orang asing masuk ke Bengkulu, telah melalui pintu pemeriksaan bandara pertama kedatanganya ke Tanah Air baru kemudian ke Bengkulu. Jika yang bersangkutan terjangkit virus korona sudah terdekteksi di bandara pertama kali kedatanganya ke Indonesia," ujar Herwan Antoni.

Namun di pelabuhan laut Pulau Baai banyak kapal asing yang singgah memuat barang untuk tujuan ekspor, seperti batu bara dan komoditi perkebunan lainnya.

"Jika dari pemeriksaan, ditemukan ada orang asing terjangkit virus korona langsung dirujuk ke rumah sakit sehingga virus tersebut tidak menyebar kemana-mana," tambah dia.



Sumber: Suara Pembaruan