Operator Transportasi Diminta Antisipasi Masuknya Virus Korona

Operator Transportasi Diminta Antisipasi Masuknya Virus Korona
Virus Korona. (Foto: Hector RETAMAL /AFP)
Thresa Sandra Desfika / FER Senin, 27 Januari 2020 | 15:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meminta seluruh stakeholders transportasi untuk melakukan upaya-upaya antisipasi pencegahan masuknya virus korona ke Indonesia.

Mengenal Virus Korona dan Pencegahannya

"Menindaklanjuti imbauan dari mensesneg (menteri sekretaris negara), saya meminta seluruh stakeholders transportasi khususnya di sektor udara dan laut untuk memerhatikan perkembangan virus korona di Wuhan dan melakukan upaya preventif yang lebih intensif," jelas Budi Karya dalam keterangan persnya, Senin (27/1/2020).

Budi Karya mengungkapkan, ada sejumlah upaya yang perlu dilakukan oleh para operator sektor transportasi udara dan laut dalam mencegah masuknya virus korona ke Indonesia.

Pertama, melakukan pemantauan dan pemeriksaan penumpang serta kru yang lebih intensif, khususnya dari tujuan asal negeri Tiongkok. Kedua, melakukan koordinasi intensif dengan para stakeholders, khususnya kantor kesehatan pelabuhan (KKP) setempat.

Kemlu Diminta Pantau dan Lindungi WNI di Wuhan

Ketiga, petugas di bandara dan pelabuhan internasional yang dilalui penumpang dari tujuan asal negeri Tiongkok diharapkan menggunakan masker.

"Tadi malam saya telah meminta direktur jenderal perhubungan udara dan direktur jenderal perhubungan laut berkoordinasi dengan Angkasa Pura I dan II, serta Pelindo I- IV untuk segera melakukan upaya-upaya secara intensif," tegas Budi Karya.



Sumber: BeritaSatu.com