Kasus Investasi Bodong, Istri Ari Sigit Jalani Pemeriksaan

Kasus Investasi Bodong, Istri Ari Sigit Jalani Pemeriksaan
Chika Xydia, Rica Calebout, dan Ari Sigit. ( Foto: Chairul Fikri/Beritasatu.com / Chairul Fikri )
Aries Sudiono / LES Senin, 27 Januari 2020 | 20:26 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Frederica Francisca Callebaut atau Rika Callebaut, istri Ari Haryo Wibowo Harjojudanto atau Ari Sigit (AHS) mengaku, ia menjadi member perusahaan investasi PT Kam & Kam yang menggunakan aplikasi MeMiles. Anggota Keluarga Cendana ini tak tahu jika perusahaan itu berbisnis investasi bodong. Ia mengaku, telah melakukan top up, dan mendapat hadiah (reward) berupa mobil mewah.

Rika yang didampingi penasihat hukumnya, hadir ke Mapolda Jawa Timur di Surabaya, Senin (27/1/2020) untuk menjalani pemeriksaan. Ia mengemukakan, kehadirannya adalah sebagai saksi. Ia menolak menyebutkan, besaran top up yang telah dilakukannya untuk MeMiles tersebut. “Saya dipanggil sebagai saksi, ya sebagai warga negara yang baik, saya datang,” ujarnya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko secara terpisah mengatakan, Frederica diperiksa sesuai dengan kebutuhan penyidik. Beberapa hari lalu, ia juga sudah menyerahkan reward sebuah mobil mewah Toyota Alphard yang diterima dari PT Kam & Kam. Barang buktinya sudah datang, bersama mobil yang didapat suaminya (AHS),” ujar Kombes Pol Trunoyudo.

Sebelumnya, penyidik juga sudah memeriksa Ari Sigit. Setelah diperiksa selama beberapa jam, AHS mengaku sebagai konsultan perusahaan investasi bodong itu. Cucu mantan Presiden Soeharto itu juga mengaku, menerima bayaran Rp 3 miliar lebih.

Trunoyudo menyatakan, hasil penyelidikan polisi menyingkap banyak figur publik, dan artis yang terlibat dalam kasus investasi bodong itu. Selain sebagai member, polisi juga menengarai sebagian dari mereka adalah endorser dan koordinator. Hingga saat ini polisi sudah mengamankan barang bukti uang nasabah sebesar Rp 128,4 miliar serta 26 unit mobil mewah dan sejumlah motor serta barang elektronik lainnya.

Selain Rika, polisi juga Pada hari yang sama artis Regina “Idol” Ivanova didampingi dua orang penasihat hukumnya, datang memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimsus, Senin. Regina tak banyak berbicara ketika ditanya wartawan. Begitu turun dari mobil dia langsung masuk ke ruang penyidikan.

Trunoyudo mengatakan,sesuai jadwal, Regina mestinya dipanggil pekan lalu. Namun, yang bersangkutan baru mengkonfirmasi datang dari ini. “Sesuai kebutuhan penyidik, hari ini Regina hadir,” katanya.

Menurut dia, posisi Regina juga baru sebagai saksi karena keterlibatannya di investasi bodong MeMiles. “Apakah dia member, atau hanya datang diundang untuk menyanyi, ini masih akan didalami. Sekarang masih diperiksa,” ujar Trunoyudo.



Sumber: Suara Pembaruan