Pemerintah RI Keluarkan Travel Advice WNI Pergi ke Tiongkok

Pemerintah RI Keluarkan Travel Advice WNI Pergi ke Tiongkok
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis (9/1/2020) ( Foto: Fana Suparman / Fana Suparman )
Ahmad Salman / AIS Senin, 27 Januari 2020 | 22:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusbandrio mengatakan, belum lama ini, Kementerian Luar Negeri mengeluarkan travel advice bagi WNI yang hendak berkunjung ke Tiongkok. Travel advice biasanya dikeluarkan untuk merespons sebuah kejadian membahayakan dalam jangka pendek di negara lain.

Wishnutama menjelaskan kendati tak melarang WNI berkunjung ke Tiongkok selain ke Wuhan, tetapi masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan saat berkunjung ke negara tersebut.

Kemparekraf mengaku sejauh ini belum ada penurunan berarti dari kunjungan turis asal Tiongkok ke Indonesia. Virus korona tengah menjadi perhatian dunia. Pasalnya selain mulai menyebar di Kota Wuhan, Tiongkok.

Sementara virus korona juga terdeteksi hingga Amerika Serikat. Berdasarkan informasi dari Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, virus korona memiliki kemiripan seperti virus yang menyebabkan SARS dan MERS yang dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya.



Sumber: BeritaSatu TV