Ini Tujuh Amanat Panglima TNI Jelang Pilkada dan PON 2020

Ini Tujuh Amanat Panglima TNI Jelang Pilkada dan PON 2020
Ilustrasi Prajurit TNI ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Yeremia Sukoyo / CAH Selasa, 28 Januari 2020 | 11:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Azis membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri tahun 2020, di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020).

Dalam Rapim, Panglima TNI sekaligus menyampaikan tujuh pesan atau amanat kepada jajaran TNI dan Polri menjelang pelaksanaan Pilkada serentak di 170 daerah dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Panglima berharap tujuh pesan tersebut dapat selalu dipegang saat menjalankan tugas. Pertama yakni terkait pedoman "Proper, Planning, Pissful, Prevent dan Performance" (P5) yang harus selalu dijalankan.

"Kedua, tingkatkan kesiapsiagaan, komando kewilayahan, terus berkoordinasi agar TNI-Polri bersinergi mengamankan Pilkada serentak 2020," kata Panglima TNI dalam Rapim TNI-Polri tahun 2020, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020).

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI mengingatkan tentang kerawanan pemilu. Mengingat selama ini kerap muncul politik identitas, berita-berita di sosial media yang bisa memicu kerusuhan, serta titik-titik rawan konflik yang harus diantisipasi dengan baik.

TNI-Polri Siap Amankan PON 2020 di Papua

"Saya ingatkan kepada pimpinan setiap wilayah mampu memberikan penilaian situasi secara maksimal," ujarnya.

Panglima TNI juga mengingatkan agar anggota TNI dan Polri menurunkan ego sektoral antar instansi. "Kelima, tingkatkan kepekaan dan kepedulian," tegas Panglima TNI.

Selain itu Panglima TNI juga meminta agar TNI-Polri selama bertugas tetap menjaga kepercayaan masyarakat. "Seluruh prajurit harus menunjukan netralitasnya, dan tidak berpolitik praktis," kata Panglima.

Panglima TNI Ingatkan Netralitas Prajurit di Pilkada 202

Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz, menjelaskan, dalam pengamanan sejumlah event besar sepanjang 2020, Polri akan selalu didukung oleh TNI.

"Prinsipnya Polri didukung penuh oleh teman-teman TNI untuk melaksanakan pengamanan Pilkada serentak, PON 2020 di Papua serta seluruh program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah," kata Kapolri.

Diakui Kapolri, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa Satgas untuk mendukung semua program tersebut. Diantaranya Satgas Nusantara, Satgas masalah investasi, Satgas Pangan, Satgas khusus pengamanan Papua.



Sumber: Suara Pembaruan