Bertemu Moeldoko, Bupati Teluk Bintuni Laporkan Komitmen Bangun Kualitas SDM

Bertemu Moeldoko, Bupati Teluk Bintuni Laporkan Komitmen Bangun Kualitas SDM
Bupati Teluk Bintuni, Ir Petrus Kasihiw MT bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Rabu, 29 Januari 2020 | 11:47 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Bupati Teluk Bintuni, Ir Petrus Kasihiw MT, menyambangi kantor Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Republik Indonesia, Moeldoko di komplek Istana Kepresidenan, Selasa (28/1/2020). Dalam kesempatan tersebut, Petrus melaporkan tentang peningkatan pertumbuhan ekonomi kabupaten Teluk Bintuni saat ini sebanyak 5,5 persen. Lalu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) membaik 62,39 (2018), PDRB Per Kapita tanpa Migas meningkat 32.908.969 (2018), tingkat kemiskinan menurun 31,30 (2018) dan tingkat pengangguran menurun 5,93 persen (2018).

Dalam kesempatan ini, mereka juga melaporkan kini tengah fokus dalam prioritas pembangunan daerah yaitu pengarusutamaan pengentasan kemiskinan dan ketimpangan, peningkatan jangkauan pendidikan dan kesehatan, pengembangan potensi ekonomi berbasis komoditas unggulan daerah, konservasi SDA dan lingkungan berlanjut, akselerasi percepatan pembangunan infrastruktur sosial, budaya dan ekonomi.

"Lalu penyelenggaraan pemerintahan yang efisien dan efektif, pengembangan wilayah perkotaan pusat ibukota kabupaten Teluk Bintuni, penciptaan keamanan dan ketertiban masyarakat serta pembentukan dan pengembangan BUMD," papar Petrus dalam keterangannya, Rabu (29/1/2020).

Bupati Teluk Bintuni itu juga menyampaikan bagaimana Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas – Kabupaten Teluk Bintuni (P2TIM – TB) yang dioperasikan Petrotekno merupakan satu-satunya pusat pelatihan tenaga kerja industri di Indonesia Timur,.

"Kehadiran P2TIM-Teluk Bintuni merupakan lompatan sejarah dalam investasi di bidang pengembangan SDM di Papua. Saya tadi juga melaporkan bahwa kehadiran P2TIM - TB yang didirikan disana itu memang didesain untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan tenaga kerja industri dan migas yang berkompeten dan bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja terampil siap pakai di Papua Barat, khususnya di Kabupaten Teluk Bintuni dalam menunjang Investasi Proyek Strategis Nasional (PSN," tuturnya.

Sebagai Bupati Teluk Bintuni, dia juga menyampaikan bagaimana keseriusan dan komitmen pemerintah daerah Teluk Bintuni dalam membangun SDM yang ada di Teluk Bintuni salah satunya lewat program pelatihan ini.

Kepala Kantor Staf Kepresidenanan, Moeldoko mengaku sangat mengapresiasi upaya maksimal pemerintah kabupaten Teluk Bintuni membangun daerahnya yang tak hanya fokus di pembangunan infrastruktur namun juga SDM.

"Pemerintah akan kawal penyerapan tenaga kerja dari anak-anak bangsa di daerah Indonesia Timur terutama Direct Affected Village atau anak-anak dari daerah yang terkena dampak langsung proyek strategis nasional. Semoga ke depannya semakin banyak anak bangsa yang mempunyai keterampilan khusus sesuai dengan industri yang ada di daerahnya," ujar Moeldoko di penutup pertemuan tersebut.



Sumber: BeritaSatu.com