Menko Luhut: MotoGP 2021 Mandalika Akan Gaungkan Lagi Pariwisata Indonesia

Menko Luhut: MotoGP 2021 Mandalika Akan Gaungkan Lagi Pariwisata Indonesia
Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer (kedua kiri) didampingi Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka (kedua kanan) saat meninjau proyek pembangunan Sirkuit Mandalika di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (4/9/2019). (Foto: ANTARA FOTO / Ahmad Subaidi)
Dwi Argo Santosa / DAS Rabu, 29 Januari 2020 | 14:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ajang olahraga balap motor bergengsi MotoGP 2021, yang rencananya akan digelar  di Mandalika, NTB, bakal semakin menggaungkan pariwisata Indonesia di mata dunia.

Keyakinan itu diutarakan Menteri Koorninator  bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan seusai mengadakan pertemuan dengan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, di Kantor Kemko Marves, Jakarta, Rabu (29/01/2020). ITDC adalah BUMN pengembang kawasan pariwisata The Mandalika.

“Dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan, maka kita dorong betul untuk pembangunan sirkuitnya, dan ini adalah sirkuit standar internasional. Dengan adanya MotoGP Mandalika ini akan lebih menggaungkan pariwisata Indonesia di dunia," kata Luhut kepada awak media.

Menko Luhut menjelaskan, berdasarkan laporan Dirut ITDC, progres persiapan MotoGP 2021 dinilai sangat baik dan terus menunjukkan peningkatan. Menko Luhut juga memberikan arahan kepada pihak ITDC agar segala pekerjaan dapat dilakukan secara mendetail dan berstandar internasional.

“Progressnya sudah sekitar 40 persen, sudah ada jalan langsung dari Airport ke Mandalika, infrastruktur jalan saya kira juga sudah lebih dari 40 persen. Presiden sudah pergi ke sana pada bulan Mei tahun lalu untuk melihat persiapan itu, sekarang progressnya sudah mulai terlihat. Rencana pada bulan Maret atau April ini saya akan berkunjung ke sana, karena pada bulan Oktober 2020 akan diselesaikan," jelasnya.

Sementara untuk sarana penginapan bisa dicukupi. Saat ini sedang dikerjakan salah satu hotel bintang lima terkemuka.

ITDC mengaku sudah membuat website resmi untuk pemesanan tiket. Untuk tiket pre-booking diketahui sudah ada 3.000 orang yang memesan, dari total 10.000 yang tersedia.

“Untuk tiket baru kita buka tanggal 20 Januari kemarin, sudah 3.000 dan sebentar lagi sudah habis, tapi itu tiket pre-booking, nanti sisanya kita beli waktu balapan dimulai. Kita menunggu dari Dorna (pengelola MotoGP) juga, nanti pengumuman Agustus 2020. Harga tiket akan kita sesuaikan dengan kemampuan masyarakat. Yang jelas masyarakat juga akan diberikan hiburan yang luar biasa,” ujar Abdulbar.

Menurutnya, sirkuit Mandalika mempunyai desain yang luar biasa dengan latar belakang perbukitan dan pantai yang indah, sirkuit tersebut juga akan menyediakan ruang bagi masyarakat yang ingin menyaksikan langsung MotoGP dari perbukitan yang ada di sekitar sirkuit.

Harga tiket yang dikenakan pun dijamin tidak mahal dan masih terjangkau oleh masyarakat. Keputusan mengenai tiket juga masih menunggu pengumuman oleh Dorna pada bulan Agustus mendatang.



Sumber: Suara Pembaruan