Merangin Wakili Indonesia Ikut Festival Melayu di Thailand

Merangin Wakili Indonesia Ikut Festival Melayu di Thailand
Penampilan Tim Kesenian Kabupaten Merangin, Jambi membawakan tari tradisional Melayu Merangin, Bakarang Ikan (menangkap ikan) pada pentas kesenian Melayu di Jambi, November 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Radesman Saragih )
Radesman Saragih / JEM Rabu, 29 Januari 2020 | 15:55 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Tim Kesenian Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi wakili Indonesia mengikuti Festival Melayu Negara – negara Asia Tenggara (Association of South East Asian Nations/ASEAN) yang diselenggarakan di Kota Yala, Thailand, tanggal 7 – 9 Februari 2020.

Tim Kesenian Merangin akan menampilkan beberapa tari Melayu khas Merangin. Salah di antaranya tari Bakarang Ikan atau tari yang menggambarkan menangkap ikan menggunakan lukah (keranjang).

Kepala Dinas Kominikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Merangin, M Arief di Bangko, Merangin, Jambi, Selasa (28/1) menjelaskan, Kabupaten Merangin ditetapkan mengikuti Festival Melayu ASEAN 2020 tersebut berdasarkan undangan perwakilan Konsulat Republik Indonesia di Songkhla, Thailand.

“Kabupaten Merangin diundang ikut Festival Melayu ASEAN tersebut mewakili Indonesia karena hingga kini masih banyak tari tradisional Melayu yang lestari di Merangin,”katanya.

Dijelaskan, Festival Kebudayaan Melayu ASEAN 2020 tersebut akan diikuti empat negara ASEAN, yakni Thailand, Indonesia, Malaysia dan Brunai Darussalam. Festival Melayu ASEAN 2020 bertajuk Melayu Day @Yala tidak hanya diisi dengan pergelaran tari-tari Melayu dari negara-negara ASEAN.

Festival yang sudah kali ketujuh diselenggarakan sejak tahun 2014 tersebut diisi juga dengan kegiatan kebudayaan, seminar internasional, pameran pendidikan dan kebudayaan.

‘’Selain itu juga ada sajian kuliner Melayu yang digelar pada pameran jajanan makanan halal, pameran busana Muslim Melayu dan berbagai produk lokal negara peserta,”ujarnya.

Sementara itu Bupati Merangin, Al Haris mengatakan, keikutsertaan Tim Kesenian Kabupaten Merangin mewakili Indonesia pada Festival Melayu ASEAN tersebut merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat seni Melayu daerah itu.

“Karena itu kesempatan ini jangan disia-siakan. Tim Kesenian Merangin harus benar-benar menampilkan tarian Melayu sebaik mungkin. Melalui penampilan yang baik, Tim Kesenian Merangin akan bisa menjadi duta wisata Indonesia, khususnya Jambi di negeri gajah putih tersebut,”katanya.



Sumber: Suara Pembaruan