Dukung Pelaku UMKM, Pemprov Jateng Siapkan Coworking Space

Dukung Pelaku UMKM, Pemprov Jateng Siapkan Coworking Space
Ilustrasi ruang kerja bersama ("coworking space"). ( Foto: GoWork )
Stefi Thenu / FER Rabu, 29 Januari 2020 | 22:03 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) membangun fasilitas coworking space untuk mendukung pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng, Ema Rachmawati mengatakan, coworking space yang diberi nama Hetero Space, merupakan hasil kerja sama dengan Impala Space.

"Nama ini diambil dari kata 'heterogen' yang memiliki arti terdiri atas berbagai unsur yang berbeda sifat atau berlainan. Dalam konstelasi penamaan, Hetero Space bermakna ruang keberagaman untuk mengakomodasi kemampuan sumber daya manusia Indonesia, terutama mereka yang memiliki potensi tak terbatas," ujar Ema di Semarang, Rabu (29/1/2020).

Ema mengatakan, fasilitas yang disediakan Hetero Space cukup lengkap. Mulai dari ruang kantor bersama, ruang meeting, ruang kelas, event space, dan juga private office. Peresmian Hetero Space sendiri, rencananya dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, pada acara Hetero Festival (Hetero Fest) yang bertujuan mempersatukan berbagai potensi dan talenta di Jateng.

"Coworking space ini rencannaya akan diresnikan Gubernur pada tanggal 31 Januari, yang dirangkai dengan acara Hetero Festival hingga 2 Februari 2020," ujar Ema.

Ema menambahkan, selain menyediakan fasilitas berupa ruang untuk berkolaborasi, di tempat itu juga akan diadakan berbagai pelatihan yang bisa diikuti oleh UMKM dan masyarakat umum. Bahkan, dalam setahun setidaknya ada 192 kegiatan dengan berbagai tema bahasan, di antaranya keuangan, desain dan branding, go-online, hingga legalisasi dan perizinan.

"Semua orang dari berbagai instansi, perusahaan maupun UMKM bisa mempergunakan fasilitas tersebut. Namun ada harga yang harus dibayarkan. Tidak mahal sih jika dibandingkan banyaknya keuntungan yang didapat. Hanya Rp 25.000 per hari," tandas Ema.

Sementara itu, co-founder Impala Space, Andre Widyastama menuturkan, Hetero Space merupakan ruang kolaborasi berbasis network human resources.

"Ini merupakan ruang kolaborasi membantu teman-teman pengusaha bertemu dengan potensi orang maupun instansi dalam mengembangkan usahanya. Target awal, kita kerja sama dengan Pemprov Jateng ada 192 program," kata Andre.



Sumber: Suara Pembaruan