Ronny Sompie: Saya Dimutasi Bukan Dicopot

Ronny Sompie: Saya Dimutasi Bukan Dicopot
Ronny F Sompie. ( Foto: Antara )
Gardi Gazarin / JAS Kamis, 30 Januari 2020 | 12:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM  Ronny F Sompie mengatakan terkait jabatan dirinya tidak dicopot tetapi dimutasi ke jabatan lain di lingkungan keimigrasian.

"Perlu disampaikan terkait ramainya pemberitaan pencopotan saya dari Dirjen Imigrasi. Posisi sebagai Dirjen Imigrasi bukan dicopot. Saya harus luruskan, bukan dicopot. Yang benar saya dimutasikan ke jabatan lain, dari jabatan struktural sebagai Dirjen Imigrasi ke jabatan fungsional, Analis Keimigrasian Ahli Utama," ujar Ronny F Sompie kepada Beritasatu com Kamis (30/1/2020) pagi.

Sebagaimana diberitakan Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie mendadak dicopot Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna H Laoly. Pengumuman pencopotan Ronny diumumkan langsung Yasonna pada Selasa (28/1/2020) lewat surat perintah nomor M.HH.KP.04. 02-13.

Sebagai penggantinya, Menkum HAM kemudian Inspektur Jenderal Kemenkumham Jhoni Ginting sebagai pengganti berstatus Pelaksana Harian (Plh).

Namun Ronny keberatan pemberitaan yang menyebut dirinya dicopot. “Istilah dicopot atau pencopotan bisa digunakan kalau saya dipecat karena sebuah perbuatan melanggar hukum," ujar mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu.

Menurut Ronny pemberitaan yang menyebut dirinya dicopot dinilai salah. Sebab, dia mau menerima mutasi atau pemindahan jabatan tersebut hanya karena tanggung jawab jabatan saja. "Kan bukan karena kesalahan saya,” kata Ronny.

Mantan orang nomor satu di Dirjen Imigrasi itu meminta supaya media menghentikan kekeliruan penggunaan istilah pencopotan, karena pemberitaan terhadap dirinya dinilai sama dengan character assassination (pembunuhan karakter).



Sumber: Suara Pembaruan