Resmi Dibuka, International Hall NOC Jadi Langkah Menuju Olimpiade 2032

Resmi Dibuka, International Hall NOC Jadi Langkah Menuju Olimpiade 2032
Peresmian NOC International Hall di FX Senayan, Jakarta, Minggu 2 Februari 2020. (Foto: kemenpora.go.id / Bagus)
Jayanty Nada Shofa / JNS Minggu, 2 Februari 2020 | 19:22 WIB

JAKARTA, Beritasatu.com - International Hall milik National Olympic Committee (NOC) Indonesia kini resmi dibuka.

Terletak di Lantai 19 FX Senayan, Jakarta, International Hall yang bernuansa arsitektur Nusantara dikhususkan untuk menerima kunjungan delegasi olahraga mancanegara. 

Adapun ruang pertemuan ini diresmikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama Sesmenpora Gatot Dewa Broto dan Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Tak hanya itu, peresmiannya ditunjukkan sebagai langkah berikut bagi Indonesia menuju target tuan rumah Olimpiade 2032.

Dengan semakin banyaknya perhelatan olahraga dunia yang diselenggarakan di Indonesia, Menpora berharap meningkatnya keseriusan dalam persiapannya.

"Jika tempat sudah mewah seperti ini, prestasi harusnya bertambah. Di depan kita, banyak event-event olahraga yang perlu ditangani. Mengurus olahraga tidak boleh sambilan seperti dulu. SEA Games dan Asian Games tetap menjadi perhatian, tetapi target utama adalah Olimpiade. Perhatian Presiden luar biasa, sampai Ratas Khusus Olahraga sekarang ada, harus kita sambut bersama secara serius," tegas Zainudin usai peresmian International Hall, Jakarta, Minggu (2/2/2020).

Waktu peresmian International Hall pun turut mencerminkan semangat Indonesia menuju Olimpiade 2032.

"Tidak bermaksud apa-apa, pemilihan tanggal dan waktu 02/02/2020 pukul 02:02 PM, apabila dikalikan adalah 12. (Ini menunjukkan) semangat 12 tahun menuju tuan rumah Olimpiade 2032," ucap Oktohari.

Dalam memperkenalkan Indonesia sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032, International Hall pekat dengan kekhasan Nusantara. Sebab, ruang pertemuan ini memiliki latar belakang Bendera Merah Putih dan replika keraton Ratu Boko.

Daya tarik Nusantara juga mencerminkan nilai-nilai luhur kebhinekaan yang menjunjung persatuan. Dalam konteks olahraga, terlepas dari banyaknya cabang olahraga, atlet-atlet nasional tetap memiliki satu tujuan untuk mengharumkan nama bangsa.

Adapun pemenang bidding tuan rumah Olimpiade 2032 akan diumumkan pada penyelenggaraan Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.



Sumber: PR