Penerbangan ke RRT Setop Besok, Aktifitas Bandara Ngurah Rai Normal

Penerbangan ke RRT Setop Besok, Aktifitas Bandara Ngurah Rai Normal
Suasana di Bandara Ngurah Rai, Bali, Selasa (4/2/2020). ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Selasa, 4 Februari 2020 | 19:32 WIB

Denpasar, Beritasatu.com - Pemerintah lewat Kementerian Perhubungan telah memutuskan melakukan penundaan penerbangan dari dan ke seluruh destinasi di RRT/Mainland Tiongkok hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian.

Penundaan penerbangan dari dan ke Tiongkok berlaku mulai Rabu besok (5/2/2020) pukul 00.00 WIB karena merebaknya wabah virus corona.

Dari pantauan kontributor BeritaSatu News Channel di Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bali, aktifitas penumpang di Bandara tersebut berlangsung normal, tak ada penumpukan penumpang yang akan berangkat ke luar negeri jelang berlakunya kebijakan tersebut.

Dengan keputusan pemerintah ini, wisatawan Tiongkok yang memang akan kembali sebelum 5 Februari pukul 00.00 tentu tidak ada masalah karena mereka sudah memiliki tiket. Persoalannya adalah wisatawan yang memiliki tiket pulang setelah tanggal 5 Februari.

Meski sempat diisukan akan terjadi penumpukan penumpang di loket maskapai yang akan melakukan refund tiket, namun kekhawatiran tersebut tidak terjadi di Bandara Ngurah Rai.

Meskipun demikian, sejumlah maskapai menyampaikan bersedia mengembalikan uang tiket (refund) jika ada calon penumpang ke Tiongkok yang melakukan klaim.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut kemungkinan alternatifnya dengan refund tiket atau pengalihan penerbangan ke negara lain.

“Refund tiket bisa ditukar dalam bentuk pengalihan tujuan penerbangan lain yang tidak dilarang pemerintah maupun untuk tujuan yang sama (Tiongkok) jika nanti penundaan sudah dicabut,” kata Budi dalam konfrensi pers soal virus corona sektor transportasi di Jakarta, Senin (3/2/2020).



Sumber: BeritaSatu TV