Pariwisata DIY Antisipasi Virus Korona dengan Posko Darurat di Bandara
Logo BeritaSatu

Pariwisata DIY Antisipasi Virus Korona dengan Posko Darurat di Bandara

Rabu, 5 Februari 2020 | 11:37 WIB
Oleh : JAS

Yogyakarta, Beritasatu.com - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan pemerintah bersama PT Angkasa Pura dan pelaku industri pariwisata di provinsi ini telah melakukan upaya pencegahan masuknya virus korona yang dibawa wisatawan dengan mendirikan Posko Darurat di kawasan Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

"Menyikapi adanya virus korona ini, sebetulnya dari pihak PT Angkasa Pura bersama pemerintah itu sudah membentuk semacam posko darurat, posko darurat dengan adanya virus korona itu," kata Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Dinas Pariwisata DIY Marlina Handayani di Kabupaten Bantul, Rabu (5/2/2020).

Menurut dia, pembentukan posko darurat virus korona itu berawal dari adanya pertemuan yang diinisiasi oleh PT Angkasa Pura beberapa waktu lalu dengan mengundang Pemda DIY, perhimpunan hotel dan restoran Indonesia (PHRI), Asita yang sepakat dibentuk satu posko darutat virus korona di Bandara Adisucipto.

Marlina mengatakan, posko darurat virus korona yang kini menjadi perhatian masyarakat dunia akibat ganasnya virus tersebut berupa rencana jangka pendek. Namun untuk jangka panjang juga perlu didirikan Pusat Krisis dengan melibatkan semua sektor terkait pariwisata.

"Pusat Krisis saya kira sangat perlu karena pada suatu saat itu akan terjadi suatu bencana atau apapun yang akan memengaruhi kondisi pariwisata di DIY itu akan segera terinformasikan baik itu penangananya, dan mungkin pernyataan yang diperlukan masyarakat," katanya.

Namun demikian, kata dia, Pusat Krisis tersebut secara fisik belum terbentuk, namun sudah wacana sudah muncul dalam Forum Diskusi Pentahelix yang dihadiri pemerintah daerah, komunitas dan pelaku industri pariwisata serta pemangku kepentingan terkait pariwisata pada Selasa (4/2/2020) lalu.

"Kalau secara bentuk belum ada, cuma memang dari apa kita lakukan dengan membuat semacam posko darurat itu juga salah satu bentuk antisipasi dari sektor pariwisata," katanya.

Dia menjelaskan, di Posko Darurat virus korona tersebut telah disiagakan sumber daya manusia (SDM) baik dari pemerintah, Dinas Kesehatan, PT Angkasa Pura dan pelaku industri pariwisata baik dari ASITA, PHRI dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Yogyakarta.

"Jadi kami siap kemudian antisipasi apakah masyarakat itu entah penumpang (pesawat) yang baru turun atau yang akan berangkat ingin mengetahui tentang atau terdeteksi di situ ada gejala-gejala yang ada di virus korona akan segara bisa diantisipasi," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA LAINNYA

Peringatan BMKG: 26 Wilayah Alami Cuaca Ekstrem Hari Ini

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 20 derajat hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara 50-100%.

NASIONAL | 21 September 2021

Balap Liar di Bekas Lapangan Terbang Zaman Kolonial Tewaskan 2 Remaja

Keputusan penutupan lapangan terbang peninggalan zaman kolonial tersebut sudah berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Perhubungan setempat.

NASIONAL | 21 September 2021

Nakes Korban Penyerangan KKB di Papua Bantah Dokter Restu Pegang Senjata

Saat insiden pembakaran dan perusakan terjadi mereka berempat melarikan diri dengan melompat ke dalam jurang yang ada di dekat puskesmas.

NASIONAL | 20 September 2021

Komisi VIII DPR Setujui Anggaran BNPB Tahun 2022 Sebesar Rp 1,127 Triliun

Kegiatan prioritas nasional tersebut di antaranya pendampingan pengelola infrastruktur darurat, penyaluran DSP atau dana siap pakai, distribusi logistik.

NASIONAL | 20 September 2021

Dipanggil KPK Besok, Anies: Insyaallah, Saya Hadir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) besok, Selasa (21/9/2021)

NASIONAL | 20 September 2021

Siti Nurbaya: Masyarakat Berkesadaran Hukum Bagian Solusi Permanen Kendalikan Karhutla

Siti menjelaskan sejak tahun 2020 sudah mulai disempurnakan langkah-langkah penanganan karhutla menuju solusi permanen.

NASIONAL | 20 September 2021

Jokowi Beri Bantuan Rp 100 Juta untuk Mantan Ratu Bulutangkis Indonesia yang Sakit Kanker

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan kepada Verawati Fajrin, legenda bulutangkis Indonesia yang sedang sakit kanker.

NASIONAL | 20 September 2021

Wagub Riza Yakin Anies dan Prasetio Tidak Terlibat Kasus Korupsi Tanah di Munjul

Wagub DKI, Ahmad Riza Patria meyakini Gubernur DKI Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi tidak terlibat kasus dugaan korupsi tanah di Munjul.

NASIONAL | 20 September 2021

Anies dan Prasetio Dipanggil KPK Soal Korupsi Tanah Munjul, Wagub Riza: Mereka Taat Hukum

Wagub DKI, Ahmad Riza Patria meyakini Gubernur DKI Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi taat hukum terkait pemanggilan KPK soal korupsi tanah.

NASIONAL | 20 September 2021

Ketua DPRD DKI Siap Penuhi Panggilan KPK Soal Kasus Korupsi Tanah Munjul

Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi siap memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi tanah di Munjul, Selasa (21/9/2021) besok.

NASIONAL | 20 September 2021


TAG POPULER

# Rocky Gerung vs Sentul City


# Napoleon Bonaparte


# Anies Baswedan


# PPKM


# Bangga Buatan Indonesia



TERKINI
Filipina Siap Buka Sekolah untuk Pertama Kalinya

Filipina Siap Buka Sekolah untuk Pertama Kalinya

DUNIA | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings