Presiden Singapura Disambut Sultan di Keraton Yogyakarta

Presiden Singapura Disambut Sultan di Keraton Yogyakarta
Halimah Yacob ( Foto: AFP / Wallace Woon )
Fuska Sani Evani / LES Rabu, 5 Februari 2020 | 19:35 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Setelah bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta, Presiden Singapura, Halimah Yacob didampingi suaminya Mohammed Abdullah Alhabshee, pada Rabu (5/2/2020) malam, berkunjung ke Yogyakarta. Kedatangannya disambut langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama keluarga di Keraton Yogyakarta.

Kepala Bagian Humas Pemda DIY, Ditya Nanaryo Aji menjelaskan, putri sulung Sri Sultan, GKR Mangkubumi, menyambut rombongan di Regol Keben Keraton Yogyakarta, selanjutnya mengantarkan rombongan ke dalam dan bertemu dengan Sri Sultan HB X dan GKR Hemas di Regol Donopratopo atau satu areal dengan bangsal Sri Manganti.

Selanjutnya, Halimah Yacob diterima di Gedung Jene, tempat biasanya Sri Sultan menerima tamu agung dan melakukan pertemuan tertutup. Seusai berdiskusi tertutup, Halimah Yacob juga menyaksikan pertunjukan khas Keraton Yogyakarta di Bangsal Kencono dan selesai menyaksikan pertunjukan, rombongan dijamu Sri Sultan di Bangsal Manis.

Menurut Ditya Nanaryo, Presiden Singapura tidak akan mengeluarkan pernyataan saat berada di Keraton, namun akan memberikan pidatonya saat berada di Universitas Gadjah Mada (UGM). Kemudian, pada Kamis (6/2) siang, Presiden Singapura, Halimah Yacob juga bertemu dengan Rektor UGM Prof Panut Mulyono dan jajaran senat UGM.

Selain bertatap muka, Halimah Yacob juga akan berdiskusi dengan 50 mahasiswa, termasuk mahasiswa Singapura dan luar negeri lainnya yang sedang mengambil studi di UGM. Selepas dari UGM, rombongan Presiden Singapura menggelar pertemuan tertutup dengan tim NUS Enterprise Singapura dan Salim Group.



Sumber: Suara Pembaruan