BNPT Harapkan Civitas Akademika Turut Redam Penyebaran Radikalisme

BNPT Harapkan Civitas Akademika Turut Redam Penyebaran Radikalisme
Kepala BNPT Suhardi Alius
/ BW Rabu, 5 Februari 2020 | 21:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Suhardi Alius, mengharapkan kalangan civitas akademika di perguruan tinggi turut dalam meredam penyebaran radikalisme dan terorisme.

“Di antaranya dengan meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kepedulian di lingkungan pendidikan terhadap adanya penyebaran radikalisme dan terorisme,” ujar Suhadi, saat memberikan kuliah umum di hadapan sekitar 600 mahasiswa dengan tema Resonansi Kebangsaan dan Bahaya serta Pencegahan Radikalisme di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Rabu (5/2/2020).

"Ini penting saya sampaikan kepada adik-adik karena sekarang ini informasi teknologi digital ini masuk begitu cepatnya. Tidak perlu interaksi. Interaksi cukup dengan gawai, dengan dunia maya sudah bisa mengubah orang dari hal-hal positif menjadi negatif. Salah satunya masalah radikalisme dan terorisme yang mana penyebaran paham-paham itu masuk melalui dunia maya ini. Untuk itu knowledge dan skill yang dimiliki adik-adik ini harus diimbangi dengan akhlak dan wawasan kebangsaan," katanya.

Dengan kepekaan, kewaspadaan, dan kepedulian tersebut, maka civitas akademika dapat menjadi agen perubahan.

"Kalau ada teman-temannya yang mungkin “sudah terjerumus” harus kita selamatkan. Tugas yang harus mereka kerjakan adalah bagaimana mereka kuliah bisa selesai tepat waktu dan bagaimana berkiprah di dalam republik ini,” kata mantan Kapolda Jawa Barat ini

Dalam kesempatan itu, Suhardi berpesan agar mahasiswa ITB termasuk civitas akademika di lingkungan kampus ITB juga mengembangkan sense of crisis untuk saling mengingatkan terhadap satu sama lain di lingkungannya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNPT juga menyempatkan untuk memberikan pembekalan terkait Peran Civitas Akademica dalam Menangkal Penyebaran Paham Radikal Terorisme kepada para pejabat struktural ITB yang baru saja dilantik pada Rabu pagi oleh Rektor ITB, Reini Wirahadikusumah.



Sumber: ANTARA