Kunjungi Living Lab, Diskominfo Luwu Timur Dukung Smart City

Kunjungi Living Lab, Diskominfo Luwu Timur Dukung Smart City
Kunjungan Kepala Diskominfo Luwu Timur Masdin di Telkom, Jakarta, Rabu 5 Februari 2020. ( Foto: Diskominfo Luwu Timur )
Jayanty Nada Shofa / JNS Jumat, 7 Februari 2020 | 21:16 WIB

JAKARTA, Beritasatu.com - Usai melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan LKBN Antara terkait layanan informasi publik, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Luwu Timur Masdin mengunjungi Living Lab Smart City Nusantara (SCN) milik Telkom, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Dewasa ini, pemerintah kerap menekankan pada implementasi smart city. Adapun smart city ini menggabungkan teknologi dengan infrastruktur maupun pengelolaan sebuah wilayah, sehingga menciptakan sebuah kota yang futuristik.

Khususnya dalam bidang pemerintahan, penerapan konsep smart city dapat meningkatkan pelayanan pemerintah bagi masyarakat. Salah satunya adalah dengan proses digitalisasi layanan pemerintahan.

Adapun Living Lab SCN Telkom memberikan gambaran bagi pengunjungnya terkait kehidupan di sebuah smart city. Dengan memberikan pengalaman yang seolah nyata (atau real experience), pengunjung - yang sering kali berasal dari pemerintahan maupun industri - dapat menerapkan teknologi ini di wilayahnya masing-masing.

Pada kunjungan Diskominfo Luwu Timur, Masdin mendalami berbagai kategori smart city yaitu bidang pendidikan, pariwisata, kesehatan, infrastruktur hingga smart government.

Tak hanya itu, Kadiskominfo ini juga mencoba aplikasi UMeetMe atau layanan multimedia conference di mana rapat dapat dilakukan secara online dengan beberapa orang di tempat yang berbeda.

"Kami berharap dari kunjungan singkat ini, ada sesuatu yang bisa kita implementasikan di Luwu Timur dalam mendukung smart city," ujar Masdin usai melakukan kunjungan.

Sebagai informasi, Pemerintahan Kabupaten Luwu Timur telah bekerja sama dengan Telkom dalam mengoptimalkan jaringan internet termasuk area publik pada Senin (3/2/2020). Kerja sama ini disebut sebagai upaya Luwu Timur dalam menciptakan smart city.



Sumber: PR