Populasi Harimau Sumatera di TNKS Tinggal 28 Ekor

Populasi Harimau Sumatera di TNKS Tinggal 28 Ekor
Harimau sumatera. (Foto: Antara)
Usmin / LES Minggu, 9 Februari 2020 | 19:57 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Kepala BKSDA Bengkulu Donal Hutasoit mengungkapkan jumlah populasi harimau Sumatera yang berada dalam Hutan Taman Nasioanal Kerinci Sebelat (TNKS) tercatat sekitar 28 ekor.

"Keberadaan 28 ekor satwa dilindungi ini tersebar di sejumlan lokasi hutan TNKS yang di Bengkulu," kata Donal, Minggu (9/2).
Dijelaskan, populasi harimau Sumatera di Bengkulu dikwatirkan akan terus berkurang karena aksi perburuan raja hutan ini oleh oknum masyarakat tidak bertanggung jawab masih terus terjadi di daerah ini.

Indikasi itu didasarkan masih ditemukan jerat kawat seling di beberapa titik hutan TNKS di wilayah Mukomuko dan kabupaten lainnya yang meniliki hutan TNKS.

“Indikasih lainya masih sering masyarakat ditangkap oleh polisi karena menjual kulit dan tulang belulang harimau Sumatera di wilayah Bengkulu,” katanya.

Menyikapi hal tersebut, kata Donal pihaknya selain melakukan sosialisasi tentang hukuman bagi .masyarakat menangkap baik dalam keadaan hidup dan mati akan dikenakan sanksi hlukum berat sesui undang undang.



Sumber: Suara Pembaruan