Pemulangan Eks ISIS, Wamenag: Status Hukumnya Harus Jelas

Pemulangan Eks ISIS, Wamenag: Status Hukumnya Harus Jelas
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi (Foto: Ist)
Aichi Halik / AHL Selasa, 11 Februari 2020 | 17:15 WIB

Padang, Beritasatu.com - Wakil Menteri Agama (wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, pemerintah harus memastikan status hukum warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan mantan anggota ISIS sebelum diputuskan kembali ke Indonesia.

"Status hukumnya harus jelas dulu. Status hukumnya ditetapkan dulu baru bisa dipulangkan," kata Zainut di Padang, Sumatera Barat, Selasa (11/2/2020).

Menurut Zainut, masalah kepulangan WNI eks ISIS tersebut nanti akan dibahas melalui rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Nanti bapak presiden akan sampaikan pernyatannya. Itu nanti dibahas di ratas terlebih dahulu," ujar Zainut.

Zainut tidak mau berandai-andai mengenai kepastian pemulangan WNI eks ISIS ini ke Indonesia. Untuk memutuskan pemulangan atau tidak, menurut Zainut, bukan perkara mudah. Terlebih WNI mantan anggota ISIS dikhawatirkan dapat menularkan pemikiran radikal dan paham ekstrem kepada orang lain begitu kembali ke Indonesia.

"Saya tak mau berandai-andai. Kita tunggu saja keputusan pemerintah," ujar Zainut.

Isu pemulangan eks ISIS bermula dari pernyataan yang disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi. Namun, pernyataan tersebut kemudian diralat dan disebutkan pemulangan ISIS masih dalam tahap kajian.



Sumber: BeritaSatu TV