Golkar Konsisten Dukung Gibran Sebagai Calon Wali Kota Solo

Golkar Konsisten Dukung Gibran Sebagai Calon Wali Kota Solo
Putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka berjalan sesaat akan melakukan pertemuan tertutup dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019. (Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao)
Carlos Roy Fajarta / JAS Selasa, 11 Februari 2020 | 17:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Partai Golkar sejak awal konsisten mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota Solo, Jawa Tengah (Jateng). Golkar tidak mempersoalkan langkah Gibran yang mengikuti seleksi di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Jauh sebelum Gibran mendaftarkan diri ke PDIP, Golkar sudah menyatakan akan mengusung Gibran di Solo,” kata Wakil Ketua Umum Golkar, Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Ahmad pun menyebut, “Jadi saya kira mekanisme di PDIP berjalan sesuai dengan aturan internal mereka. Kami juga punya mekanisme sendiri. Tapi sampai sekarang, sikap kami konsisten dari awal. Kami memang mengusung Gibran.”

Ahmad menyatakan partainya tentu tidak dapat mengintervensi agar PDIP turut mendukung Gibran. Sebab keputusan berada di PDIP. Diusung atau tidaknya Gibran oleh PDIP, lanjut Ahmad, sikap Golkar tidak akan berubah.

Ahmad menambahkan penjajakan dengan beberapa partai untuk memberikan dukungan yang sama kepada Gibran yang merupakan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah dilakukan. Mengenai strategi pemenangan, Ahmad menegaskan partai koalisi akan membahasnya bersama-sama.

“Nanti kan akan dibicarakan strategi bersama. Prinsipnya di dalam koalisi pasti akan ada pembicaraan bersama tentang strategi,” tegas ketua Komisi II DPR tersebut.

Pada bagian lain, Ahmad mengatakan partainya berkomunikasi secara intensif dengan menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution. Menurut Ahmad, Bobby sangat serius untuk maju sebagai calon wali kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

“Sudah terjadi pertemuan informal dengan saya dan beberapa orang di DPD Golkar Sumatera Utara. Kemudian waktu kami undang untuk berdiskusi tentang visi dan misi membangun Kota Medan, Pak Bobby datang ke Kantor Golkar Sumatera Utara,” ungkap Ahmad.

Ahmad menambahkan Bobby juga juga menghadiri pendaftaran kandidat wali kota Medan oleh Golkar. Bobby mengambil dan mengembalikan formulir. Selain itu, Bobby pun mengikuti uji kepatutan dan kelayakan yang diselenggarakan Golkar.

Nama Bobby, lanjut Ahmad, termasuk yang direkomendasikan pengurus Golkar Medan ke provinsi. “Hari Sabtu ini saya akan ke Medan untuk rapat pleno menetapkan 3-5 nama yang ditetapkan provinsi. Salah satu nama itu Pak Bobby Nasution,” imbuh Ahmad.

Ahmad menyebut, “Sejauh ini dari proses yang sudah dilalui, Pak Bobby sangat serius. Kami beberapa kali mendiskusikan tentang bagaimana kita sama-sama bisa membesarkan Golkar ke depan. Kita tahu, keluarga besar Pak Bobby ini kan Golkar.” 



Sumber: Suara Pembaruan