Singapura Jalin Kerja Sama Pengelolaan Air Bersih dengan Jambi

Singapura Jalin Kerja Sama Pengelolaan Air Bersih dengan Jambi
Ilustrasi Singapura. ( Foto: therealsingapore )
Radesman Saragih / JEM Selasa, 11 Februari 2020 | 19:06 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Pemerintah Singapura siap menjalin kerja sama pengelolaan air bersih dengan Provinsi (Pemprov) Jambi guna mengatasi krisis air bersih. Kerja sama tersebut ditandai dengan kesiapan Singapura memberihan pendidikan dan pelatihan manajemen air bersih untuk para pegawai dinas instansi pengairan Provinsi Jambi.

“Singapura memiliki program human resources (peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan kemahiran para tenaga pengairan dalam pengelolaan air bersih. Bulan September nanti, satu rombongan pegawai dari Jambi akan ke Singapura untuk mempelajari bagaimana menangani isu-isu air dan manajemen pengelolaan air bersih,” kata Senior Minister of State for Defence and Foreign Affair of Singapore (Menteri Senior untuk Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura), Mohammad Maliki Osman dalam pertemuan dengan Gubernur Jambi, Fachrori Umar di Jambi, Selasa (11/2/2020).

Menurut Mohammad Maliki Osman, selain bekerja sama di bidang pengelolaan air bersih, Singapura juga siap meningkatkan kerja sama dengan Jambi dalam pengembangan pelabuhan. Singapura ingin membuka hubungan perdagangan langsung dari pelabuhan Singapura ke pelabuhan Jambi. Selama ini hubungan perdagangan Singapura dilakukan melalui pelabuhan Batam, Kepulauan Riau.

“Pembukaan hubungan perdagangan langsung Singapura – Jambi sangat penting agar hasil-hasil pertanian dan perkebunan Jambi lebih mudah dipasarkan ke Singapura,”katanya.

Sementara itu, Fachrori Umar pada kesempatan tersebut mengatakan, Jambi akan berupaya mewujudkan kerja sama bidang perdagangan, pelabuhan dan pengelolaan air bersih dengan Singapura. Kerja sama pengelolaan air dengan Singapura penting agar potensi air di Jambi, terutama air Sungai Batanghari dapat dikelola dengan baik untuk mengatasi krisis air bersih.

“Selain itu perdagangan langsung Singapura – Jambi juga melalui pelabuhan Singapura ke pelabuhan Jambi juga penting mengatasi kesulitan pemasaran hasil-hasil pertanian dan perkebunan Jambi selama ini,”katanya.



Sumber: Suara Pembaruan