Stok Vaksin Polio di Sleman Kosong

Stok Vaksin Polio di Sleman Kosong
Seorang anak diberi vaksin polio. ( Foto: Antara/Muhammad Adimaja )
Fuska Sani Evani / LES Selasa, 11 Februari 2020 | 19:26 WIB

Sleman, Beritasatu.com - Masyarakat Kabupaten Sleman harus mencari vaksin polio ke wilayah lain, bahkan sampai ke Puskesmas di Bantul, karena stok vaksin kosong dalam beberapa hari terakhir. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Djoko Hastaryo yang dihubungi Selasa (11/2/2020) membenarkan, hingga kini belum ada dropping vaksin polio dari Kementerian Kesehatan dan menurut informasi, baru akan dikirimkan pada pertengahan Februari.

Untuk saat ini, masyarakat yang membutuhkan vaksin tersebut memang harus mendapatkannya secara swadaya, baik di dokter praktik umum ataupun rumah sakit besar yang ada di Kota Yogya. Lebih lanjut, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman, Novita Krisnaeni mengungkapkan, kekosongan stok vaksin polio sebenarnya terjadi sejak September 2019.

Untuk mengatasi kebutuhan vaksin, pihaknya melakukan pengadaan pembelian vaksin polio secara mandiri pada bulan Desember 2019. Namun tetap tidak mencukupi dan telah habis pada Januari 2020. Jika sampai waktu yang dijanjikan Kementrian Kesehatan belum juga dikirimkan, Dinkes Kabupaten Sleman terpaksa akn melakukan pengadaan vaksin polio secara mandiri melalui e-catalog. Novita Krisnaeni juga mengatakan, akan meminta kejelasan dari pemerintah karena kebututuhan vaksin polio masih tinggi.



Sumber: Suara Pembaruan