Kericuhan Rutan Kabanjahe Dipicu Razia Narkoba

Kericuhan Rutan Kabanjahe Dipicu Razia Narkoba
Sejumlah petugas mengamankan tahanan dari lokasi kerusuhan di Rutan Kabanjahe, Tanah Karo, Sumatera Utara, Rabu, 12 Februari 2020. ( Foto: Beritasatu Photo / Arnold )
Arnold H Sianturi / FER Rabu, 12 Februari 2020 | 17:05 WIB

Kabanjahe, Beritasatu.com - Kericuhan yang berujung pembakaran rumah tahanan (Rutan) oleh narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B di Kabanjahe Jalan Bhayangkara kawasan Kabanjahe, dipicu razia narkoba oleh petugas rutan di sana.

Kericuhan di Rutan Kabanjahe, Puluhan Tahanan Diamankan

"Sebelumnya, ada napi kasus narkoba yang pernah menjalani hukuman di rutan ini. Kemudian, dia kembali dititipkan atas kasus sama," ujar Kepala Rutan Kabanjahe, Simson Bangun, Rabu (12/2/2020).

Simson mengungkapkan, napi bersangkutan kembali diamankan oleh petugas rutan saat melakukan razia. Petugas mengamankan orang bersangkutan atas kasus narkoba. Napi itu kemudian diserahkan ke polisi berikut barang bukti narkoba.

"Banyak pelanggaran yang dilakukan napi itu selain terkait kasus narkoba. Dia melanggar aturan disiplin dan tata tertib Rutan. Diduga karena sakit hati, orang bersangkutan memprovokasi napi lainnya," kata Simson.

Kericuhan Pecah, Rutan Kabanjahe Terbakar

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden kerusuhan napi tersebut. Pihaknya juga belum dapat merinci kerugian akibat pembakaran gedung rutan oleh sebagian napi di sana.



Sumber: Suara Pembaruan