Ganjar Pranowo Merespons Video Bullying Siswi SMP

Ganjar Pranowo Merespons Video Bullying Siswi SMP
cuplikan video dugaan perisakan terhadap seorang siswi SMP di Purworejo, Rabu (12/2/2020) ( Foto: istimewa / Dwi Argo Santosa )
Dwi Argo Santosa / DAS Kamis, 13 Februari 2020 | 03:28 WIB

Jakarta, Beritsatu.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (12/2/2020) malam, langsung menindaklanjuti laporan warga yang disampaikan melalui akun twitter mengenai video dugaan perisakan atau bullying yang terjadi di sebuah SMP di Butuh, Purworejo, Jateng.

Pernyataan Ganjar Pranowo tampaknya cukup menenangkan warganet seperti yang terlihat dari ribuan cuitan mengenai video bullying siswi SMP tersebut.

Akun sy dibanjiri kejadian di salah satu smp di butuh purworejo. Sy sudah telp kaseknya & dia sdh urus. Polisi juga sdh menerima laporannya. Bsk saya minta pengawas sekolah & dinas utk turun agar bicara dg ortu anak2 itu. Pak Bupati Purworejo jg sdh sy kontak. - Sayangi temanmu!” Demikian tertulis di akun twitter resmi Ganjar, @ganjarpranowo.

Kejadian yang dimaksud Ganjar adalah video yang menggambarkan seorang siswi berkerudung sedang duduk di bangku sekolah. Ia ditendang dan dipukul oleh tiga siswa. Terdengar suara seperti rintihan atau tangisan perempuan sementara tiga siswa yang menendang dan memukul tertawa.

Ganjar tidak sekadar menyatakan bahwa ia telah menindaklanjuti informasi warga. Ia juga berdialog dengan warganya melalui media twitter.

@jannahismii mengungkapkan bullying sering dilihatnya di sekolah. Ia berpendapat, sekolah punya peran penting untuk tindakan preventif namun orang tua juga penting. Pengalamannya saat mengajar, anak yang suka melakukan perisakan ternyata meniru lingkungannya di rumah dan sekitarnya yang kasar. Ganjar menjawab, "karena itulah ia orangtua para siswa diajak bicara".

Sedangkan kepada akun @dawam yang menyarankan sanksi tegas, Ganjar balik bertanya, “sanksi apa menurutmu?”

Ada juga yang memohon Gubernur mengadakan edukasi atau seminar yang dijawab dengan singkat oleh Ganjar, “seminar???”

Menjawab akun @ilham_Abd26 yang menyatakan terima kasih sambil menuntut agar pelaku diproses hukum, Ganjar memperlihatkan sikapnya, “Mereka anak2... apa saranmu?

Pada bagian lain Ganjar menyatakan, “Mereka anak2...apa hrs kita buka?” Cuitan itu membalas beberapa akun yang menginginkan kasus ini dibuka transparan.

Kelugasan Ganjar terlihat pada cuitan “Apakah anda tertarik utk ikut bertemu mereka di sekolah? Biar kita tahu persis apa sebenarnya yg terjadi. Kalau ya, besok pg bs gabung.”

Ganjar selama ini dikenal sebagai sosok yang sering turun langsung menangani berbagai masalah yang dihadapi warga. Kondisi ini tak lepas dari perhatian akun @FitriansyahArif yang menyampaikan kritik mengapa harus Ganjar yang merespons cepat. Lantas bagaimana dengan bawahan Ganjar?

Ganjar menjawab, ”Kan njenengan (Anda, Red) yang perintah saya!” Jawaban tersebut sesuai dengan diskripsi profil akun Ganjar yang menulis, "Tuanku ya Rakyat, Gubernur cuma mandat... 

Respons orang nomor satu Jawa Tengah ini melalui twitter mendapat tanggapan positif warganet. “Lumayan nih ada pemimpin kerja 24 jam” cuit @OficialNikko yang dijawab Ganjar, “Ada perintah?



Sumber: BeritaSatu.com