Puan Maharani Ingin Anggaran Pendidikan Tepat Sasaran

Puan Maharani Ingin Anggaran Pendidikan Tepat Sasaran
Penganugerahan gelar kehormatan Doktor HC Undip kepada Ketua DPR Puan Maharani, Jumat (14/2/2020). ( Foto: Beritasatu.com / Primus Dorimulu )
Carlos KY Paath / RSAT Jumat, 14 Februari 2020 | 21:34 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Ketua DPR Puan Maharani berkomitmen membuat alokasi anggaran pendidikan 20% dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) menjadi tepat sasaran. Hal ini bentuk perhatian Puan terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

"Tentu saja yang akan didorong sesuai dengan posisi saya sebagai ketua DPR adalah fungsi anggaran. Artinya anggaran pendidikan 20% harus bisa tepat sasaran, tepat manfaat, dan berguna bagi bangsa dan negara," kata Puan kepada wartawan di Gedung Soedarto Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020).

Menurut Puan, terkadang anggaran tidak terpusat, tapi diberikan ke banyak tempat. Akibatnya anggaran tak fokus. "Jadi itulah fungsi yang akan saya dorong kepada pemerintah sesuai dengan posisi saya sebagai ketua DPR," ujar Puan.

Seperti diketahui, Puan telah dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa oleh Undip dalam bidang kebudayaan dan kebijakan pembangunan manusia. Gelar itu diberikan berkat kepemimpinan Puan tatkala menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto optimistis kelembagaan DPR kian kuat setelah gelar yang disandang Puan. Menurut Hasto, Puan tentu akan melanjutkan fokus perhatiannya terhadap pembangunan manusia, termasuk kebudayaan.

"(gelar) ini tentu saja akan membuat kelembagaan DPR kuat. Mbak Puan tercatat sebagai Menko PMK yang ukir prestasi kemudian melanjutkan karyanya sebagai Ketua DPR," kata Hasto.

Hasto menyebutkan seluruh jajaran PDI Perjuangan mengucapkan selamat dan ikut berbangga atas penganugerahan doktor HC kepada Puan Maharani. "Undip memberikan sebuah pengakuan atas prestasi kepemimpinan yang dicapai oleh Mbak Puan," pungkas Hasto.



Sumber: BeritaSatu.com