Jokowi Siapkan Stimulus Bagi Wisatawan

Jokowi Siapkan Stimulus Bagi Wisatawan
Wisatawan mengabadikan pemandangan pantai di Malibu Point, Nusa Penida, belum lama ini. Sayangnya, akses darat menuju tempat wisata tersebut belum didukung dengan jalan yang mulus. ( Foto: beritasatu photo / mohammad defrizal )
Lenny Tristia Tambun / FER Senin, 17 Februari 2020 | 15:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah akan memberikan stimulus untuk meningkatkan kembali daya saing pariwisata Indonesia, terutama setelah merebaknya wabah virus korona.

Pariwisata Indonesia Masih Kalah Bersaing dengan Negara Tetangga

"Dampaknya akan kita hitung, kemudian kita putuskan mengenai stimulus pada dunia pariwisata kita karena masalah Korona,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas (ratas) tentang Peningkatan Peringkat Pariwisata Indonesia di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Mengenai stimulus untuk dunia pariwisata dalam menghadapi wabah virus korona, Jokowi menyatakan telah bertemu dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Pertemuan tersebut, membahas kemungkinan pemberian stimulus sebesar 30 persen bagi wisatawan mancanegara (wisman).

"Tadi pagi telah bertemu dengan Menteri Keuangan. Kemungkinan ini masih kita hitung bersama-sama sore hari ini, untuk memberikan diskon atau insentif bagi wisatawan mancanegara sebesar 30 persen dari tarif riil. Nanti kita putuskan. Ini belum diputuskan,” jelas Jokowi.

Pemerintah Percepat Revitalisasi Pelabuhan Benoa

Mantan Gubernur DKI ini memberikan waktu tiga bulan kepada beberapa kementerian terkait, untuk menentukan destinasi wiasata yang dapat diberikan insentif 30 persen.

"Mungkin kita beri waktu selama tiga bulan ke depan, untuk destinasi-destinasi yang nanti akan kita putuskan, untuk destinasi wisata yang ke mana. Termasuk di dalamnya juga diskon untuk wisatawan domestik, yang bisa nanti kita berikan juga minus 30 persen, dan mungkin bisa saja untuk travel bironya beri diskon lebih. Misal 50 persen, misalnya. Sehingga betul-betul menggairahkan dunia wisata kita, karena memang sekarang baru ada masalah karena virus korona," tandas Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com