Tiga Mahasiswa Bebas Virus Korona, Masyarakat Tuban Tak Perlu Khawatir

Tiga Mahasiswa Bebas Virus Korona, Masyarakat Tuban Tak Perlu Khawatir
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) beraktivitas di Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, saat masa observasi pascaevakuasi dari Wuhan China di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa, 4 Februari 2020. ( Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww )
Carlos KY Paath / AO Selasa, 18 Februari 2020 | 00:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tiga mahasiswa asal Tuban, Jawa Timur (Jatim) yang kuliah di Tiongkok, tiba di kampung halaman masing-masing setelah menjalani proses observasi di Natuna, Kepulauan Riau. Setelah 14 hari menjalani observasi, mereka telah dinyatakan bebas dari virus korona jenis baru (Covid-19), sehingga masyarakat Tuban tidak perlu khawatir.

"Kita semua tahu bahwa Kementerian Kesehatan sudah melakukan observasi terhadap para mahasiswa yang dipulangkan dari Tiongkok. Tidak satu pun dari mereka yang menunjukkan gejala terinfeksi virus korona. Jadi, kita tidak perlu khawatir," kata tokoh masyarakat yang juga bakal calon bupati Tuban, Eko Wahyudi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Menurut Eko, kepulangan mereka tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh keluarga. "Kita bersyukur pada Sabtu (15/2/2020) malam mereka bisa berkumpul kembali dengan keluarga. Masyarakat Tuban menyambut baik kepulangan tersebut," ujar Eko.

Eko mengatakan, dukungan dari masyarakat setempat dan warga Indonesia lainnya yang sudah pulang dari observasi tentu sangat penting. "Di sisi lain, kita harus tetap menjaga pola hidup sehat. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sudah mengingatkan agar kita menerapkan pola hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Eko berharap masyarakat tidak ragu melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat apabila ada anggota keluarga yang mengalami gejala demam, batuk, termasuk sesak napas. Eko menuturkan, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan WNI dari Tiongkok yang diobservasi di Natuna diberikan sertifikat kesehatan. Sertifikat itu merupakan hasil pemeriksaan dan pemantauan selama observasi.

Dikatakan pula, perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Indonesia, Paranietharan juga memuji langkah pemerintah Indonesia dalam penanganan WNI yang diobservasi di Natuna. "Jadi, sekali lagi, tiga mahasiswa Tuban itu kini telah berkumpul dengan keluarganya. Sangat mengharukan. Semoga wabah virus korona ini segera berlalu," ucap Ketua DPC Arus Bawah Jokowi Tuban tersebut.



Sumber: BeritaSatu.com