DPR Dukung Program Kemtan

DPR Dukung Program Kemtan
Kementerian Pertanian melalui Ditjen PKH memastikan bahwa stok jagung untuk pakan dan peternak selama tahun 2020 aman. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Carlos Roy Fajarta / BW Selasa, 18 Februari 2020 | 12:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi IV DPR, Firman Soebagyo mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kemtan) dalam menjadikan agriculture war room (AWR) sebagai pusat data dan kendali pertanian masa depan.

"Saya kira keberadaan AWR sangat bagus dalam memahami persoalan pertanian ke depan, terutama untuk menampung berbagai aspirasi petani melalui teknologi yang ada. Aspirasi yang ada kemudian bisa dijadikan bahan diskusi sebelum mengambil kebijakan," ujar Firman, Selasa (18/2/2020).

Firman mengatakan, pada dasarnya DPR mendukung penyatuan data yang dilakukan Kemtan. Namun, kata dia, penyatuan itu harus dilakukan secara konsisten dengan tidak membuat data fiktif atau data yang digunakan untuk kepentingan tertentu.

"Kalau kita bicara pertanian dan produk pertanian, terutama ekspor dan impor tentu harus menggunakan data yang real dan tidak menggunakan yang amburadul. Tentu kalau arahnya ke sana dan data yang ada itu bisa dipertanggungjawabkan, maka kami (DPR) akan dukung sepenuhnya," tambah Firman.

Perihal larangan alih fungsi lahan dengan menerapkan pasal pidana Undang-undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang Alih Fungsi Lahan, Firman menyebutkan peraturan tersebut sangat tepat dan relevan untuk digunakan sebagai perlindungan lahan pertanian berkelanjutan.

Anggota Komisi IV DPR lainnya Andi Akmal Pasluddin mendukung program Gerakan Tiga Kali Ekspor Pertanian (Gratieks) sebagai gerakan nasional dalam meningkatkan ekonomi negara. “Program ini merupakan gagasan yang bagus dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak,” katanya.



Sumber: BeritaSatu.com