Menpora-Pramuka Terus Bersinergi Tanamkan Ideologi Pancasila

Menpora-Pramuka Terus Bersinergi Tanamkan Ideologi Pancasila
Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso melihat foto-foto pencapaian Gerakan Pramuka hingga saat ini, Jakarta, Rabu (19/2/2020). ( Foto: kemenpora.go.id )
Jayanty Nada Shofa / JNS Rabu, 19 Februari 2020 | 17:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sama-sama bertujuan untuk menanamkan ideologi Pancasila di kalangan anak muda, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali terus mempertahankan sinergi dengan Gerakan Pramuka.

Merupakan singkatan dari "Praja Muda Karana" ('Jiwa Muda yang Suka Berkarya), Gerakan Pramuka selaras dengan program-program prioritas Menpora. Di antaranya adalah pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, berdaya saing, serta bersemangat dalam kewirausahaan.

"Kita sama-sama mendorong penguatan ideologi Pancasila dan karakter, serta budaya bangsa di kalangan pemuda. Saya yakin, pramuka adalah organisasi terstruktur dari tingkat nasional hingga daerah dan ranting. Besar harapan kita bersama untuk bersinergi dan menularkan hal positif," ujar Menpora ketika membuka Rakernas Gerakan Pramuka 2020 di Gedung Sarbini, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Zainudin ingin gerakan Pramuka agar bisa terus mempertahankan karakter dan budaya bangsa Indonesia yang ramah hingga sopan dan santun. 

"Ini adalah saya kira bisa dilakukan bersama. Saya harap Gerakan Pramuka terus memberikan manfaat sebanyak-banyaknya. Tentu, pemerintah menyambut baik dan mengapresiasi kerja dari Gerakan pramuka. Mari kita saling dukung dan bersinergi," jelas Zainudin.

Dalam sambutannya, ia pun mengenang tatkala dirinya aktif dalam gerakan Pramuka bahkan menjadi pimpinan regu semasa sekolah.

"Suatu hal yang membanggakan, keaktifan saya di pramuka sejak sekolah. Ketika saya datang ketempat ini dan menggunakan seragam pramuka, saya teringat saat saya menjadi komandan regu siaga. Teringat masa lalu adalah hal yang sangat membanggakan," kenang Menpora.

Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso berharap, Gerakan Pramuka dapat menjadi yang terdepan untuk mengatasi masalah-masalah ujaran kebencian.

"Gerakan Pramuka diharap selalu terdepan membela negara, mampu mengatasi penyebaran berita bohong, hingga soal penyalahgunaan narkoba, serta meningkatkan kepedulian sesama, bakti kepada masyarakat, dan ikut berperan menanggulangi bencana," ujar Budi.

Ia menambahkan, organisasi pendidikan kepanduan ini dapat diperkuat untuk mencetak anak-anak muda yang berkarakter.

Adapun rakernas kali ini bertajuk "Peningkatan Peran Gerakan Pramuka dalam Bela Negara dan Penanggulangan Bencana". Dibuka dengan pemukulan gong oleh Menpora, rakernas ini dihadiri oleh pengurus Gerakan Pramuka tingkan nasional dan daerah.



Sumber: PR