Golkar Sumut Usulkan Nama Bobby di Pilwalkot Medan

Golkar Sumut Usulkan Nama Bobby di Pilwalkot Medan
Bobby Afif Nasution ( Foto: istimewa )
Arnold H Sianturi / LES Rabu, 19 Februari 2020 | 19:39 WIB

Medan, Beritasatu.com - DPD Partai Golkar Sumut akhirnya mengirim lima nama bakal calon (balon) wali kota Medan ke DPP Golkar. Di antara lima balon itu adalah Bobby Afif Nasution dan petahana, Akhyar Nasution, bersama tiga balon lainnya akan berebut dukungan dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto dalam pemilihan wali kota (Pilwalkot) Medan.

"Setelah melakukan fit and proper tes beberapa waktu lalu, kita memutuskan lima dari 10 nama yang telah kita saring dikirim ke DPP (Golkar) untuk diputuskan siapa yang memenuhi syarat," ujar Plt Ketua DPD Golkar Sumut Ahmad Doli Kurnia di Medan, Rabu (19/2/2020).

Selain nama Boby dan Akhyar yang kini menjabat Plt Wali Kota Medan, tiga balon lain yang dikirim ke DPP Golkar itu adalah Ihwan Ritonga, Rolel Harahap, dan Maruli Siahaan.

"Kita intens menjalin komunikasi dengan balon yang mendaftar dan namanya sudah dikirim ke DPP tersebut. Khususnya terhadap Bobby Nasution, komunikasi ini paling intens dilakukan. Bobby merupakan bagian dari keluarga Golkar. Sebab, pamannya juga pengurus di Golkar," sebutnya.

Sementara itu, dukungan terhadap Bobby Afif Nasution untuk menjadi calon wali kota Medan semakin meluas. Tidak hanya masyarakat bawah, para elite parpol juga berebut ingin menjadi calon wakil wali kota mendampingi menantu Presiden Jokowi itu.
"Meski belum ada partai yang mengumumkan nama Bobby Nasution sebagai calon kepala daerah namun semua pihak meyakini Bobby akan diusung," ujar Koordinator Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia, Gandi Parapat.

Gandi mengatakan, Bobby Nasution diterima berbagai kalangan termasuk elite partai karena tidak terlepas dari statusnya sebagai menantu Presiden Jokowi. Suami Kahiyang Ayu ini juga begitu cepat dikenal masyarakat. Bobby diterima oleh seluruh lapisan.

"Bukan hanya kalangan milenial maupun emak-emak, elite partai juga berebut untuk bisa menjadi calon wakil mendampingi Bobby Nasution. Bentuk dukungan seperti ini belum pernah terjadi saat menjelang pilkada di Medan," katanya.

Partai yang diprediksi memberikan dukungan terhadap Akhyar Nasution kemungkinan Demokrat, PKS, PAN. PDI-P, Golkar, Gerindra, Nasdem, PSI dan sejumlah partai lainnya diprediksi akan berkoalisi di pilkada Medan.

Sebelumnya, kelompok perwakilan milenial yang tergabung dalam Medan Milenial Voice (MMB), mendeklarasikan dukungan kepada Boby di Sufi's Coffee Komplek MMTC Pancing Medan. Bobby dianggap mampu menjawab solusi atas tantangan maupun persoalan membangun Kota Medan.

Presidium MMF, Nuril Yaqin Sitorus menyampaikan, deklarasi dukungan ini berawal dari kuatnya kegelisahan di kalangan masyarakat milenial terkait minimnya keterwakilan kaum milenial pada pilkada Medan sebelumnya.

"Kehadiran Bobby Nasution berhasil memecah kebuntuan kaum Milenial dalam menata Medan," tegasnya.

Ada banyak elemen yang tergabung dalam MMV ini, mulai dari unsur Muhammadiyah, Washliyah, Nahdlatul Ulama, kelompok pemuda Jawa, Melayu, Batak, sampai kelompok perkumpulan klub anak muda ada di MMV ini.



Sumber: BeritaSatu.com