Presiden Optimistis Tol Pekanbaru-Dumai Selesai Akhir April

Presiden Optimistis Tol Pekanbaru-Dumai Selesai Akhir April
Ilustrasi pembangunan jalan tol. ( Foto: ANTARA )
Thresa Sandra Desfika / JAS Jumat, 21 Februari 2020 | 13:49 WIB

Pekanbaru, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada Jumat (21/2) siang. Jokowi yakin proyek senilai Rp 16 triliun itu bisa mulai digunakan masyarakat pada akhir April 2020.

"Ini panjang dari Pekanbaru sampai Dumai 131 kilometer. Kita harapkan insyaallah akhir April selesai dan bisa dipakai sehingga saat Lebaran semua bisa lewati," ungkap Kepala Negara di sela peninjauannya ke proyek pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai.

Presiden Jokowi menambahkan, dengan kehadiran Jalan Tol Pekanbaru-Dumai ini bisa mempersingkat waktu tempuh dari biasanya 4-5 jam menggunakan jalan nasional menjadi hanya 1,5 jam dengan menggunakan jalan tol yang termasuk dalam jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera ini.

Lebih lanjut, Presiden optimistis, Jalan Tol Trans-Sumatera dapat tersambung seluruhnya sepanjang 2.974 kilometer (km) pada 2024 mendatang. Saat ini, Tol Trans-Sumatera yang beroperasi sepanjang 469 km, dalam tahap konstruksi 495 km, dan persiapan konstruksi 740 km. Selain itu, ada 1.270 km lainnya yang masih dalam tahap rencana.

"Kita harapkan pada 2024 sudah tersambung semuanya meskipun internal rate of return (IRR) masih pada angka 8-9 persen. Ya memang kalau kita nunggu IRR harus tinggi 12 persen, tidak akan dimulai-mulai," terang Presiden.

Presiden mengharapkan, dengan tersambungnya Tol Trans-Sumatera, maka mobilitas orang maupun logisitik bisa lebih cepat sehingga dapat meningkatkan daya saing sekaligus stok infrastruktur nasional.



Sumber: BeritaSatu.com