Pilkada Pandeglang, PDIP Dukung Calon Petahana

Pilkada Pandeglang, PDIP Dukung Calon Petahana
Ilustrasi Pilkada 2020. ( Foto: SP/Muhammad Reza )
Laurens Dami / JEM Jumat, 21 Februari 2020 | 14:11 WIB

Pandeglang, Beritsatu.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengeluarkan rekomendasi untuk mendukung pasangan calon petahana Irna Narulita-Tanto Warsono Arban pada Pilkada Pandeglang 2020.

Irna Narulita mendapat undangan langsung dari Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. DPP PDIP telah menyampaikan tahap I nama-nama calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang direkomendasikan PDIP pada Pilkada Serentak 2020, di Kantor DPP PDIP Lantai 5 Jl P Diponegoro No 58, Menteng Jakarta Pusat.

Pasangan petahana Irna-Tanto diresmikan sebagai calon bupati dan wakil bupati Pandeglang 2020 yang diusung PDIP.
Ketua Tim Penjaringan DPC PDIP Pandeglang, Deden Hertandi membenarkan bahwa rekomendasi dari PDIP jatuh pada pasangan petahana Irna-Tanto.

“Ibu Irna adalah kader PDIP, tentu saja rekomendasinya ke Ibu Irna sebagai calon bupati yang diusung PDIP. Terus Tanto dari Golkar sudah, artinya PDIP mencari wakilnya itu kembali ke Pak Tanto. Pokoknya, keduanya sudah resmi diusung PDIP. Bahkan yang menyerahkan langsung Ibu Megawati dan Pak Hasto,” kata Deden kepada wartawan, di Pandeglang, Kamis (20/2/2020).

Irna Narulita mengaku, selain mendapatkan rekomendasi dari PDIP, dirinya bersama pasangannya Tantor Warsono Arban juga sudah mendapatkan dukungan dua partai lain yakni PKS dan PAN.

“Alhamdulillah bersyukur kepada Allah. Ini baru saja pulang dari PDIP bersama Aa Tanto, alhamdulillah sudah menerima rekomendasi dukungan dari PDIP, rasanya plong setelah bersalaman dengan ibu Mega,” ujar Irna.

Ia mengaku, keinginannya maju kembali di Pilkada Pandeglang karena masih banyak pekerjaan rumah yang belum bisa ia tuntaskan selama menjabat bupati. Oleh karena itu ia merasa tertantang untuk menuntaskan PR itu dengan kembali menjadi bupati.

“Kalau Golkar Insya Allah, karena ada Pak Tanto kan. Mudah-mudahan PKB, Demokrat dan Nasdem punya langkah yang sama untuk bersama kami membangun Pandeglang yang lebih baik,” ujarnya.

Tidak hanya Pilkada Kabupaten Pandeglang, untuk Pilkada Kabupaten Serang, PDIP juga merekomendasikan pasangan petahana Ratu TAtu Chasanah-Panji Tirtayasa.

Ratu Tatu Chasanah merupakan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten, sementara Panji Tirtayasa sendiri merupakan kader PDIP. Pasangan petahana ini dipastikan akan mendapat dukungan dari Partai Golkar.

Dalam surat rekomendasi yang ditandatangani oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto disebutkan bahwa Pilkada Serang DPP PDIP memberikan rekomendasi kepada Ratu Tatu Chasanah.

DPP PDIP juga memberikan rekomendasi kepada kadernya yakni Panji Tirtayasa untuk mendampingi Tatu di Pilkada Serang 2020 sebagai balon wakil bupati. Panji merupakan petahana wakil bupati Serang.

“PDIP hari ini telah mengeluarkan surat rekomendasi untuk para calon bupati dan wakil bupati, khusus untuk Provinsi Banten. Dari 4 kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020, DPP PDIP baru mengeluarkan rekomendasi untuk Kabupaten Serang dan Pandeglang,” kata Sekretaris DPD PDIP Banten Asep Rahmatullah.

Sementara, untuk Pilkada Kota Cilegon dan Kota Tangerang Selatan masih dalam pembahasan. Asep mengatakan, bulan depan rekomendasi balon terhadap dua daerah tersebut akan keluar.

“Dua daerah yaitu Kota Cilegon dan Kota Tangerang Selatan, rekomendasinya akan dikeluarkan paling lambat pertengahan bulan Maret 2020,” ujarnya.

Setelah mendapat rekomendasi, kata Asep kedua pasangan Tatu-Panji dan Irna-Tanto diperintahkan partai besutan Megawati Soekarno Putri tersebut untuk melakukan komunikasi dengan partai lain guna membangun koalisi partai.  

 



Sumber: BeritaSatu.com