Kemhub Siapkan Aturan Personal Mobility Device

Kemhub Siapkan Aturan Personal Mobility Device
Kementerian Perhubungan menggelar Focus Group Discussion bertema 'Penggunaan Personal Mobility Device' di gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, 21 Februari 2020.   ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / FER Jumat, 21 Februari 2020 | 17:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Perhubungan (Kemhub) tengah menyiapkan peraturan tentang penggunaan skuter listrik.

Baca Juga: Ini Usulan Regulasi Skuter Listrik

Aturan tersebut disiapkan dalam bentuk Peraturan Menteri (Permen) yang mengatur tentang penggunaan Personal Mobility Device kendaraan listrik sebagai moda transportasi First and Last Mile di Indonesia.

Adapun empat moda transportasi yang termasuk dalam Personal Mobility Device yaitu skuter listrik, otopet, unicycle, dan hoverboard.

"Personal Mobility Device ini sudah marak digunakan, tetapi belum ada aturannya," ujar kata Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Baca Juga: Pengguna Skuter Listrik Wajib Pakai Helm

"Ini kan digunakan untuk kendaraan menuju halte atau stasiun angkutan massal, lalu dipakai lagi dari tempat angkutan massal ke kantornya," imbuh Menhub.

Menurut Menhub, selama ini pengguna Personal Mobility Device sering digunakan untuk hal lain dan tidak dengan tata cara dan perlengkapan yang baik.

"Sehingga, kita perlu membuat guidance atau panduan bagi Pemda untuk membuat aturannya," tandas Menhub.



Sumber: BeritaSatu.com