Polisi Tangkap Penipu Putri Arab Setengah Trilun Rupiah

Polisi Tangkap Penipu Putri Arab Setengah Trilun Rupiah
Ilustrasi polisi. ( Foto: Antara/Rahmad )
Farouk Arnaz / WBP Minggu, 23 Februari 2020 | 19:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com — Polri berhasil menangkap perempuan berinisial EMC yang merugikan Putri Arab Saudi bernama Lolowah binti Mohammed bin Abdullah Al-Saud. Perempuan 57 tahun itu ditangkap di Desilva Bandara Guest House, Sukarami, Palembang, Sumatera Selatan pada Minggu (23/2/2020).

"EMC akan dibawa ke Bareskrim untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigjen Ferdy Sambo di Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Dalam kasus penipuan dan penggelapan terhadap Putri Arab, polisi menetapkan dua tersangka yakni EMC dan anaknya EAH.

EAH telah lebih dulu ditangkap polisi. Sementara EMC sempat lolos dari kejaran polisi sebelum akhirnya tertangkap itu.

Baca Juga: Polisi Amankan Mobil Milik Tersangka Penipu Putri Arab

Kedua pelaku yang telah jadi tersangka dan merupakan warga negara Indonesia (WNI) diduga mengakibatkan Putri Lolowah rugi US$ 36,1 juta atau setara dengan Rp 505 miliar. EAH dipercaya korban karena dia dulu bekerja di perusahaan milik Putri Lolowah di Malaysia.

Mereka disangka pasal penipuan, penggelapan, dan pencucian uang dalam kasus bermodus menawarkan investasi pembangunan vila dan pengadaan tanah di Bali namun tidak terealisasi sesuai kesepakatan itu.

Ada 24 orang yang sudah diperiksa yakni pelapor, pemilik dan penyewa tanah, kontraktor, pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN), arsitek, aparatur desa, dan manager tanah.

Penyidik juga telah melakukan penyitaan barang bukti berupa mobil Jaguar, Alpahrd, beberapa buku tanah, dokumen AJB, dan dokumen pengiriman uang dari pelapor ke terlapor.

Pemblokiran juga telah dilakukan atas 7 bidang tanah di Dusin Pajeng Kawan, Tampak Siring, Gianyar dan delapan rekening BCA milik tersangka.

Baca Juga: Penipu Putri Lolowah dari Saudi adalah Ibu dan Anak



Sumber: BeritaSatu.com