Mahfud MD: Natuna Disiapkan sebagai Sumber Ekonomi

Mahfud MD: Natuna Disiapkan sebagai Sumber Ekonomi
Aparat dari Badan Keamanan Laut (Bakamla) menangkap dua kapal nelayan ilegal asal Vietnam di perairan Natuna, Kepulauan Riau, Minggu, 20 Mei 2018. ( Foto: Istimewa / Puspen TNI )
Robertus Wardi / FER Minggu, 23 Februari 2020 | 21:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menko Polhukam, Mahfud MD, mengatakan, pemerintah akan menjadikan Natuna sebagai sumber ekonomi laut yang menyumbang pemasukan besar bagi negara.

Baca Juga: Kemhub Tambah Kapal Patroli ke Perairan Natuna

Salah satu caranya, dengan membangun berbagai proyek dan fasilitas negara dan memperbanyak jumlah nelayan yang menangkap ikan di wilayah tersebut.

"Kita akan meningkatkan volume patroli oleh stakeholder yang telah ditentukan oleh Undang-undang. Kita juga akan membangun atau menegakkan kegiatan-kegiatan serta membangun proyek untuk menghidupkan Natuna sebagai sumberdaya ekonomi laut dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan," kata Mahfud MD di Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Mahfud menjelaskan, tekad menguasai Natuna sebagai sumber ekonomi laut karena selama ini wilayah tersebut selalu diklaim oleh Tiongkok. Supaya tidak terus dicuri nelayan Tiongkok, maka nelayan Indonesia harus lebih sering mencari ikan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Lima KRI Amankan Perairan Natuna

"Kita telah melakukan audiensi dengan nelayan dan melakukan rapat koordinasiantar kementerian untuk melaksanakan pemanfaatan potensi sumber daya ikan di laut Natuna. Saat ini, sudah tersedia 30 kapal nelayan Pantura yang siap dikerahkan. Begitu kita buka lampu hijau, mereka siap berangkat," tegas Mahfud MD.



Sumber: BeritaSatu.com