Jokowi Minta Promosi Wisata dan MICE Ditingkatkan

Jokowi Minta Promosi Wisata dan MICE Ditingkatkan
Joko Widodo. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / FER Selasa, 25 Februari 2020 | 17:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar konferensi dalam negeri, kegiatan meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) dan promosi wisata di negara-negara lain terus ditingkatkan. Langkah tersebut, untuk mengantisipasi sektor pariwisata yang turut melemah akibat dampak virus korona (Covid-19).

Baca Juga: Jokowi Minta Mendagri Percepat Belanja Daerah

"Hari ini kita akan memutuskan langkah-langkah kebijakan fiskal dalam mendorong ekonomi kita. Baik dari sisi konsumsi, baik dari sisi investasi dan dalam meningkatkan kembali sektor pariwisata, terutama di Bali, Sulawesi Utara, dan Kepulauan Riau," kata Jokowi, saat membuka Rapat Terbatas (Ratas) lanjutan Pembahasan Dampak Virus Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia, di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Menurut Jokowi, ketiga daerah tersebut merupakan daerah destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi turis dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT). "Kita semua mengetahui, kita sedang menghadapi tekanan akibat penurunan kunjungan wisatawan dari RRT," tegas Presiden Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta seluruh Kementerian dan Lembaga agar memaksimalkan kegiatan konferensi dalam negeri, MICE di daerah-daerah tersebut.

Baca Juga: Korsel Nyatakan Minat Investasi di Ibu Kota Baru

Selain itu, meningkatkan promosi yang menyasar ke pasar wisatawan manca negara (Wisman) yang sedang mencari alternatif destinasi wisata karena batal mengunjungi RRT, Korea dan Jepang, akibat dampak virus korona.

"Saya minta agar insentif dan upaya mendorong ekonomi ini dilakukan secara bersamaan dan saling dukung mendukung,” tukas Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com