Stafsus Jokowi Dorong Anak Papua Tak Ragu Berbisnis

Stafsus Jokowi Dorong Anak Papua Tak Ragu Berbisnis
Dua Staf Khusus Presiden Joko Widodo, yakni Putri Tanjung (kedua dari kanan) dan Billy Mambrasar (kanan) menjadi pembicara pada talkshow bertema “Peran Pemuda Papua dalam Dunia Bisnis” di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu, 26 Februari 2020. ( Foto: Istimewa )
Asni Ovier / AO Rabu, 26 Februari 2020 | 15:02 WIB

Sorong, Beritasatu.com – Lebih dari pemuda dan pemudi Papua di Kota Sorong, Papua Barat, menghadiri acara talkshow yang dihadiri oleh dua Staf Khusus Presiden Joko Widodo, yaitu Putri Tanjung dan Billy Mambrasar. Dua Stafsus Presiden tersebut mengajak anak-anak Papua untuk tidak ragu terjun di dunia bisnis.

Talkshow bertema “Peran Pemuda Papua dalam Dunia Bisnis” itu juga dihadiri oleh kalangan milenial yang memiliki usaha di berbagai bidang dan ingin meningkatkan usaha mereka. Acara tersebut berlangsung di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (26/2/2020).

Acara ini bukan talkshow milenial pertama yang diisi oleh Putri dan Billy. Keduanya telah berbicara di lebih dari 12 kota di Indonesia. Lebih dari 15,000 milenial yang mendengarkan keduanya memberikan inspirasi dan mendorong karya-karya kreatif.

“Memang tugas kepada kami bertujuh, staf khusus Presiden Jokowi, untuk berbincang-bincang dengan para milenial Indonesia. Kami mendengar masukan dan aspirasi mereka lalu menyuarakan dalam bentuk masukan kepada Pak Presiden. Terkadang, kami juga menjadi corong beberapa kebijakan dan program pemerintah kepada milenial agar mereka memahami dan ikut terlibat penuh membangun negara Indonesia,” ujar Billy Mambrasar.

Pemuda asli Papua tersebut mengatakan, tujuan acara ini adalah untuk mendorong anak-anak muda Papua agar tidak ragu berbisnis demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dan ikut membangun Indonesia secara keseluruhan. Dengan lahirnya lebih banyak lagi pebisnis muda dari Papua, maka hal ini akan memperlihatkan bahwa Papua telah berada pada level kesiapan untuk menghadapi kompetisi dunia kewirausahaan, teknologi, dan inovasi di level nasional.

Talkshow ini merupakan kolaborasi antara yayasan pendidikan Kitong Bisa Sorong dan PT Papua Muda Inspiratif, sebuah sebuah perusahaan yang digerakan oleh pemuda dan pemudi asli Papua. Perusahaan itu didirikan untuk mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua, yang berfokus kepada manusia.

“Dengan jumlah peserta lebih dari 500 orang hari ini, saya pribadi dan tentunya PT Papua Muda Inspiratif secara keseluruhan, sangat optimistis bahwa anak-anak muda Papua ternyata memiliki antusiasme yang tinggi untuk ikut membangun Papua dan Papua Barat melalui gerakan kewirausahaan,” ujar Direktur Eksekutif Papua Muda Inspiratif, Neil Aiwoy.

Sementara, Putri Tanjung mengatakan, dirinya sangat bahagia karena ini merupakan kunjungan pertama ke Tanah Papua dan langsung disambut antusias oleh milenial yang hadir di Kota Sorong. Sebelum talkshow berlangsung, Putri juga memberikan pelatihan eksklusif kepada 24 start up dan UKM milik anak-anak muda asli Papua yang didanai oleh Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan PT Papua Muda Inspiratif.

“Semangat anak-anak Papua sangat tinggi dan saya jadi ikut-ikutan optimistis dalam menyampaikan materi saya tadi,” ujar pemilik usaha event organizer bernama Kreavi itu.

Selain dua staf khusus milenial Presiden Jokowi tersebut, hadir juga sebagai pembicara aalah Direktur Eksekutif PT Papua Muda Inspirasi Neil Aiwoy, Direktur Utama PT Kitong Bisa Enterprise Khoirun Nisa Sri Mumpuni, dan advisor Kitong Bisa Sorong Vilta Lefaan.



Sumber: BeritaSatu.com