Negatif Korona,188 WNI dari Kapal World Dream Dibawa ke Pulau Sebaru

Negatif Korona,188 WNI dari Kapal World Dream Dibawa ke Pulau Sebaru
KRI dr Soeharso menjemput 188 Warga Negara Indonesia (WNI) di Selat Durian, Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (26/2/2020). ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Rabu, 26 Februari 2020 | 19:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - KRI dr Soeharso menjemput 188 Warga Negara Indonesia (WNI) di Selat Durian, Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (26/2/2020).

Seluruh WNI itu adalah ABK kapal pesiar World Dream yang berlabuh di Hong Kong, Rabu lalu (19/2/2020). Kapal tersebut membawa 1.800 penumpang, diantaranya ada 30 anggota staf mengalami demam, salah satu gejala Korona.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebelumnya mengklaim, 188 WNI ABK Kapal World Dream dalam keadaan sehat dan sudah mengantongi sertifikat negatif Korona dari Hong Kong dan jaminan sehat dari pihak kapal World Dream.

Sebanyak 188 WNI yang dijemput dari kapal pesiar World Dream akan dievakuasi dan diobservasi di pulau Sebaru, Kepulauan Seribu.

Transit observasi minimal berlangsung 14 hari di bawah pengawasan Kemenkes RI sesuai protokol WHO.

"Lokasi sudah diterapkan dan disiapkan, yaitu di Kepulauan. Ada pulau yang tidak berpenghuni, di Sebaru 1," kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Menurut Muhadjir, pulau Sebaru menjadi lokasi yang paling ideal. Sebab, tak ada penduduk yang tinggal di pulau tersebut. Namun pulau itu memiliki fasilitas yang lengkap.

"Pokoknya tempat yang kita anggap aman. Karena ada pulau yang tidak ada penghuninya, kita tinggal pakai aja," ujar Muhadjir.



Sumber: BeritaSatu TV