Larangan Umrah, Menlu Akan Lobi Pemerintah Arab Saudi

Larangan Umrah, Menlu Akan Lobi Pemerintah Arab Saudi
Retno Marsudi ( Foto: Kemlu RI / Dokumentasi )
Lenny Tristia Tambun / FER Kamis, 27 Februari 2020 | 20:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Keputusan pemerintah Arab Saudi yang menghentikan sementara izin masuk untuk ibadah umrah berdampak bagi jamaah asal Indonesia yang terlanjur berangkat sebelum keputusan itu diumumkan.

Baca: Menlu Sebut Larangan Umrah Hanya Sementara

Karena itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan akan melakukan lobi kepada pemerintah Arab Saudi, agar mengizinkan jamaah asal Indonesia yang sudah berangkat dan tiba dapat untuk menjalankan ibadahnya.

Permintaan tersebut, sudah disampaikan saat bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi Untuk Indonesia, Essam bin Abed al-Thaqafi.

"Oleh karena itu, saya tadi menyampaikan apakah bisa untuk yang sudah terbang itu dan akan segera mendarat, akan ada pendaratan pertama dari Indonesia sekitar pukul 13.00 siang. Jadi teman teman baik yang di Riyadh maupun di Jeddah dan di Jakarta juga melakukan pendekatan. Agar kiranya yang sudah terlanjur landing itu dapat di perkenankan untuk umrah walaupun katakanlah ada pemeriksaan kesehatan dan sebagainya,” kata Retno Marsudi di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Baca: Larangan Umrah, Menkes Sebut Ada Opsi Lobi dengan Arab Saudi

Menurut Retno, permintaan untuk mengizinkan jamaah Indonesia yang sudah terlanjur berangkat dan tiba di Arab Saudi adalah permintaan yang wajar dan dapat dipahami.

Selain itu, ia juga meminta seluruh duta besar (Dubes) yang berada di wilayah Timur Tengah untuk terus memantau karena kemungkinan ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi terhenti perjalanannya pada saat mereka transit. Pemerintah harus menyiapkan penanganannya agar WNI tidak terlantar.

"Jadi semua perwakilan kita yang ada di Arab Saudi dan di wilayah Timur Tengah semuanya dalam posisi stand by, terutama yang ada di Jeddah, Riyadh tentunya, berkaitan dengan WNI yang masih ada di sana,” jelas Retno Marsudi.



Sumber: BeritaSatu.com