Menpora: Cabor Berkuda Harus Berpacu Menuju Olimpiade

Menpora: Cabor Berkuda Harus Berpacu Menuju Olimpiade
Menpora Zainudin Amali ketika menghadiri Upacara Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) di Jakarta, Jumat (28/2/2020). (Foto: kemenpora.go.id)
Jayanty Nada Shofa / JNS Minggu, 1 Maret 2020 | 08:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menghimbau agar cabang olahraga berkuda dapat berprestasi khususnya di perhelatan internasional.

Sesuai dengan arahan Presiden, Indonesia kini menargetkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Dengan pemenang bidding yang akan diumumkan di Olimpiade 2024 di Paris, Prancis, tentu wajib bagi olahraga Tanah Air diharapkan memberikan yang terbaik.

"Kami berharap berkuda bisa memberikan kebanggaan dan berprestasi, serta sebisa mungkin menggelar kejuaraan internasional di dalam negeri. Dengan banyak kejuaraan internasional, maka bukan hanya prestasi yang didapat tapi juga sport tourism dan sport industry," ujar Menpora Zainudin Amali ketika menghadiri upacara pelantikan Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (PP Pordasi) masa 2020-2024 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

PP Pordasi diharapkan untuk memerhatikan sports science atau implementasi ilmu yang menelusuri bagaimana seorang atlet dapat bertanding dalam kondisi prima. Dengan sudah lamanya berdiri cabor berkuda di Indonesia bahkan jauh sebelum kemerdekaan, Menpora berharap agar cabor ini dapat lebih maju.

"Berkuda sudah menjadi olahraga kita. Tentu, pasang surutnya kita semua tahu. Maka saya menaruh harapan besar kepada Ketua Umum Pordasi yang baru dilantik dan KONI Pusat agar berkuda bisa lebih maju lagi," pesannya.

Ketua Umum PP Pordasi Triwatty Marciano menyampaikan harapannya agar kelak Indonesia memiliki banyak atlet berkuda terbaik.

"Kami berupaya memasyarakatkan olahraga berkuda karena dengan banyaknya minat masyarakat, potensi kolaborasi dengan swasta untuk pembinaan atlet akan semakin terbuka. Semoga Indonesia semakin banyak atlet berkuda terbaik dan bisa mempersembahkan medali untuk Indonesia di Olimpiade 2032 nanti," ujarnya.

Sebagai informasi, upacara pelantikan ini mengangkat tema 'Mandiri Siap Berdedikasi untuk Peningkatan Prestasi'. Acara ini juga dilanjutkan dengan rapat pleno antara jajaran PP Pordasi 2020-2024.



Sumber: PR