Longsor, Puluhan Desa di Sarolangun Jambi Terisolir

Longsor, Puluhan Desa di Sarolangun Jambi Terisolir
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun, Jambi membersihkan pohon-pohon tumbang menutupi jalan akibat longsor di kawasan Bukit Raya, Kecamatan Batangasai, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, Sabtu, 29 Februari 2020. ( Foto: istimewa )
Radesman Saragih / CAH Minggu, 1 Maret 2020 | 15:57 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Puluhan desa di Kecamatan Batangasai, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi hingga Minggu (1/3/2020) masih terisolir menyusul longsor yang melanda ruas jalan Sarolangun–Batangasai. Material longsor yang menimbun badan jalan di beberapa lokasi membuat ruas jalan Sarolangun–Batangasai belum bisa dilalui kendaraan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun, Trianto menjelaskan, alat berat sudah diturunkan ke lokasi jalan yang tertimbun longsor. Sebagian material longsor sudah dapat dibersihkan. Sepeda motor sudah bisa melewati ruas jalan yang sempat tertimbun longsor sejak Sabtu (29/2/2020).

“Kami mengupayakan ruas jalan Sarolangun–Batangasai sudah bisa dilalui kendaraan, Minggu (1/3/2020) malam. Hingga Minggu sore, sebagian besar material longsor yang menimbun badan jalan sudah dibersihkan. Puluhan personil gabungan dari BPBD, polisi dan TNI masih berada di lokasi membersihkan material longsor,” kata Trianto di Sarolangun, Jambi, Minggu (1/3/2020).

Dijelaskan, longsor yang memutuskan akses Sarolangun–Batangasai, disebabkan hujan deras yang melanda daerah itu sejak Jumat (28/2/2020) malam hingga Sabtu (29/2/2020) pagi. 

“Longsor juga membuat puluhan desa di Kecamatan Batangasai gelap gulita akibat tumbangnya beberapa tiang listrik. Listrik belum bisa hidup di puluhan desa di Kecamatan Batangasai hingga Minggu malam karena tiang listrik yang tumbang dan kabel listrik yang putus akibat longsor belum diperbaiki,”katanya.

Longsor di ruas jalan Sarolangun–Batangasai sudah dua kali terjadi selama Februari ini. Awal Februari lalu, longsor juga terjadi di kawasan perbukitan, Bukit Raya, Batangasai, Senin (3/2/2020). Longsor tersebut sempat membuat akses Sarolangun–Batangasai terputus dua hari.

 



Sumber: BeritaSatu.com