Penanganan Virus Corona

Ahmad Sahroni Dorong Sentralisasi Medis Penanganan Corona

Ahmad Sahroni Dorong Sentralisasi Medis Penanganan Corona
Ahmad Sahroni ( Foto: ANTARA )
Yeremia Sukoyo / FER Minggu, 1 Maret 2020 | 21:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia hingga saat ini masih dinyatakan sebagai salah satu negara yang terbebas dari virus corona. Namun demikian, status tersebut jangan sampai membuat masyarakat dan pemerintah terlena.

"Pemerintah menyatakan Indonesia masih terbebas dari virus corona, tapi bukan berarti kita terlena. Tindakan preventif harus dilakukan mengantisipasi kemungkinan terburuk," kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni, di Jakarta, Minggu (1/3/2020).

Baca: Belum Ada Warga Kota Bogor Terpapar Virus Corona

Saat ini, dikatakan Sahroni, parlemen perlu mendorong adanya antisipasi khusus terkait penyebaran virus corona. Termasuk, memastikan dan merealisasikan kesiapan tim medis dan pusat kesehatan yang tersentralisasi di wilayah Barat dan Timur.

Hingga saat ini penyebaran virus corona sendiri sudah semakin meluas. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memaparkan adanya sembilan negara yang melaporkan kasus pertama virus corona. Diantaranya Brasil, Denmark, Estonia, Georgia, Yunani, Norwegia, Pakistan, Rumania, dan Makedonia Utara.

Baca: 4.000 Calon Jemaah Umrah di Depok Gagal Berangkat

Untuk meminimalisir penyebaran di Indonesia, sangat diperlukan sosialisasi kepada masyarakat. Termasuk, keterbukaan informasi ada atau tidaknya Warga Negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus corona.

"Informasi penanganan pemerintah harus nyata dan terlihat. Ada atau tidaknya WNI dikarantina yang dinyatakan terinfeksi sangat penting disampaikan," ucap Ahmad Syahroni.



Sumber: BeritaSatu.com