Tol Jakarta-Cikampek Selatan Paket 3 Akan Kurangi Beban Tol Cipularang

Tol Jakarta-Cikampek Selatan Paket 3 Akan Kurangi Beban Tol Cipularang
Pembangunan konstruksi Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dimulai dari paket 3, yakni menghubungkan Sadang, Purwakarta hingga Taman Mekar, Karawang. (Foto: Beritasatu/Mikael Niman)
Mikael Niman / CAH Senin, 2 Maret 2020 | 19:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – PT Jasa Marga Japek Selatan (JJS) terus mengebut pengerjaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan paket 3 yang menghubungkan Sadang-Taman Mekar di Kabupaten Karawang. Paket 3 ini diharapkan dapat mengurangi beban lalu lintas di tol Cipularang saat arus balik Lebaran 2020 mendatang.

“Paket 3 ini disiapkan untuk arus balik Lebaran untuk mengurangi beban lalu lintas di Tol Cipularang,” ujar Direktur Utama PT JJS, Dedi Krisnariawan Sunoto, Senin (2/3/2020).

Dia menjelaskan, berdasarkan evaluasi saat arus balik Lebaran, Natal dan Tahun Baru tahun sebelumnya, terjadi peningkatan volume kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan di sekitar Gerbang Tol Sadang.

“Kemacetan biasanya terjadi di Tol Cipularang, pertemuan dengan Tol Cipali. Titik pertemuan ini berpotensi macet, dan lalu lintas bisa diarahkan melalui paket 3 ini. Nanti, masuk kembali melalui Tol Karawang Timur menuju Jakarta atau melalui Tol Japek Elevated,” imbuhnya.

Baca Juga: Jasa Marga Kembangkan Kawasan di Koridor Tol Jakarta-Cikampek Selatan

Progres pembangunan konstruksi paket 3, kata Dedi, sudah mencapai 20 persen dan akan dikebut untuk digunakan sebagai jalan fungsional arus balik Lebaran tahun ini. “Paket 3 total panjang lintasan 27,85 kilometer, nanti akan ada seksi yang dibuka untuk fungsional arus balik Lebaran. Kita siap menyelesaikan supaya bisa digunakan,” imbuhnya.

Menurutnya, paket 3 yang akan dibuka secara fungsional sepanjang 10 kilometer dengan lebar jalan sekitar 10 meter. Kendaraan arus balik yang menuju ke Jakarta dapat keluar di Gerbang Tol Sadang menuju ke Tol Japek II Selatan melalui Jalan Industri. Nantinya, masuk kembali ke Gerbang Tol Karawang Timur untuk melanjutkan perjalanan melalui Tol Jakarta-Cikampek ataupun menggunakan Tol Layang Japek II.

Baca jugaPaket 3 Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Beroperasi Libur Lebaran

Sementara itu, Humas PT JJS Iwan Abrianto, menambahkan Tol Japek II Selatan menghubungkan Jatiasih, Kota Bekasi dengan Sadang, Kabupaten Purwakarta sepanjang 62 kilometer (km).

“Pengerjaan konstruksi Tol Japek II Selatan dibagi dalam tiga paket. Pembangunan konstruksi dimulai dari Purwakarta,” ujarnya.

Paket 1 dimulai dari Jatiasih hingga Setu, Kabupaten Bekasi (JORR W2) sepanjang 9,3 km. Paket 2 mulai dari Setu hingga Taman Mekar, Kabupaten Karawang sepanjang 24,85 km. dan, Paket 3 mulai dari Taman Mekar hingga Sadang, Kabupaten Purwakarta sepanjang 27,85 km.

Apabila sudah beroperasi penuh, Jalan Tol Japek II Selatan menjadi alternatif bagi pengendara yang melakukan perjalanan Jakarta-Cikampek atau sebaliknya. Tol Japek II Selatan juga terhubung dengan Jakarta Outer Ring Road (JORR) I dan JORR II serta Tol Cipularang. 



Sumber: BeritaSatu.com