Sukses Majukan Banggai, Herwin Yatim Raih Penghargaan Akuntabilitas Kinerja 2019

Sukses Majukan Banggai, Herwin Yatim Raih Penghargaan Akuntabilitas Kinerja 2019
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada Bupati Bangai, Sulawesia Tengah, Herwin Yatim pada acara SAKIP Awards 2019 Wilayah III di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Senin, 24 Februari 2020. ( Foto: Istimewa )
Asni Ovier / AO Rabu, 4 Maret 2020 | 20:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bupati Banggai, Sulawesi Tengah, Herwin Yatim dinilai sebagai kepala daerah yang berhasil memajukan Kabupaten Banggai secara pesat. Keberhasilan tersebut akhirnya mengantarkan Pemkab Banggai di bawah kepemimpinan Herwin Yatim meraih penghargaan Akuntabilitas Kinerja 2019.

Keberhasilan Herwin dilihat dari predikat Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang diraih Pemkab Banggai dari BB menjadi A pada 2019. Berdasarkan hasil Laporan Evaluasi SAKIP 2019, Kabupaten Banggai meraih nilai 80,18.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo pada acara SAKIP Awards 2019 Wilayah III di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Senin (24/2/2020) lalu.

Kepada wartawan di Jakarta, Rabu (4/3/2020), Herwin menuturkan bahwa capaian penghargaan Akuntabilitas Kinerja 2019 yang diraih Pemkab Banggai tidak hanya dijadikan sebatas seremonial. Menurut dia, penghargaan itu menjadi motivasi pemerintah daerah untuk terus memaksimalkan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“SAKIP bukan hanya pemberian nilai, namun juga menggambarkan kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran dan dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat Kabupaten Banggai,” ujar Herwin.

Bupati Banggai menambahkan, kinerja aparatur pemerintahan harus semakin inovatif dan kreatif dalam menjalankan roda pemerintahan. Dengan demikian, kata Herwin, program yang dijalankan pemerintah daerah akan tepat sasaran dan sesuai harapan masyarakat. Dengan adanya SAKIP, pemerintah daerah juga akan mampu mencegah potensi pemborosan anggaran.

"Kabupaten Banggai harus menjadi tolok ukur dan representasi Indonesia timur, bahkan bisa sejajar dengan kabupaten dan kota terbaik dalam pengelolaan SAKIP se-Indonesia,” tandasnya

Sementara, saat memberikan penghargaan, Menteri Tjahjo mengatakan, evaluasi akuntabilitas kinerja berfungsi untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program, termasuk metode yang digunakan, penggunaan sarana, dan pencapaian tujuan.

"Melalui SAKIP, instansi pemerintah harus fokus pada pencapaian prioritas pembangunan nasional melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala," ujar Tjahjo Kumolo.

Tjahjo memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Kabupaten Banggai, yang mendapatkan predikat A. Pemkab Banggai dinilai telah bersungguh-sungguh melakukan berbagai upaya perbaikan sehingga tercipta penggunaan anggaran yang lebih efektif dan efisien.



Sumber: BeritaSatu.com