Moeldoko Tegaskan Tidak Perlu Perpres Penanganan Virus Corona

Moeldoko Tegaskan Tidak Perlu Perpres Penanganan Virus Corona
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko ( Foto: Beritasatu TV )
Lenny Tristia Tambun / JAS Rabu, 4 Maret 2020 | 21:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan pemerintah tidak perlu membuat Peraturan Presiden (Perpres) tentang penanganan virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Karena Indonesia sudah memiliki instrumen aturan, tidak hanya untuk penanganan virus corona atau Covid-19, tetapi juga dapat menangani pandemi global, termasuk nuklir, biologi, dan kimia. Instrumen itu adalah Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 tahun 2019 tentang Peningkatan Kemampuan dalam Mencegah, Mendeteksi, dan Merespons Wabah Penyakit, Pandemi Global dan Kedaruratan Nuklir, Biologi dan Kimia.

“Kita sudah ada instrumen sebagai strategi penanganan. Instrumen Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 tahun 2019. Itu sangat-sangat kuat untuk menangani pandemi global. Termasuk juga nuklir, biologi, dan kimia,” kata Moeldoko di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Menurut Moeldoko, di dalam Inpres Nomor 4 tahun 2019, sudah sangat jelas tertuang tugas dan tanggung jawab masing-masing kementerian. Sehingga ketika terjadi sesuatu pandemi global, maka setiap kementerian sudah tahu harus bertindak apa untuk penanganannya.

“Itu sudah sangat jelas menteri siapa berbuat apa. Detail itu job deskripsinya. Kemudian untuk Kementerian Kesehatan buat juknis (petunjuk teknis), untuk menindaklanjuti inpres. Bukunya tebal,” ujar Moeldoko.

Dengan adanya keberadaan Inpres Nomor 4 tahun 2019, maka pemerintah tidak perlu mengeluarkan aturan apa pun baik itu Inpres maupun Perpres untuk penanganan virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Enggak. Cukup itu (Inpres No 4/2019). Jadi sudah cukup itu,” tegasnya.



Sumber: BeritaSatu.com