Pemerintah Sudah Dapat Data Perjalanan WN Malaysia Positif Virus Corona di Indonesia

Pemerintah Sudah Dapat Data Perjalanan WN Malaysia Positif Virus Corona di Indonesia
Petugas medis tengah menangani pasien pengidap virus corona atau Covid-19. (Foto: AFP)
Lenny Tristia Tambun / JAS Minggu, 8 Maret 2020 | 16:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Penanganan Corona Achmad Yurianto mengatakan pemerintah sudah mendapatkan data perjalanan warga negara Malaysia yang positif teridentifikasi virus corona selama satu pekan di Indonesia.

“Ya pasti kita berkoordinasi karena bekerja sama dengan itu (pemerintah Malaysia). Dan kita sudah mendapatkan datanya di Indonesia, dia di mana dan kemudian siapa kontaknya selama di Indonesia,” kata Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Saat ini, lanjut Achmad Yurianto, pihaknya sudah melakukan penulusuran terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan WN Malaysia positif virus corona itu. tetapi, ia menolak memberitahukan nama daerah dan kontak-kontak manusia selama WN Malaysia itu ada di Tanah Air.

"Yang kami laporkan hanya sakit saja. Jadi tidak selalu semua kontak tracing adalah positif atau semuanya menjadi suspect,” ujar Achmad Yurianto.

Seperti kontak tracing yang dilakukan pada kontak manusia dengan Kasus 1, yang awalnya berjumlah 80 orang. Kemudian setelah ditelusuri hanya 20 orang yang melakukan kontak dekat. Setelah melalui pemeriksaan, terdapat tujuh orang suspect corona.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) mengungkapkan salah satu pasien virus corona di negara itu sempat mengunjungi Indonesia. Pasien nomor 78 tersebut berada di Indonesia selama tujuh hari sejak 13 Februari lalu. Kemudian, WNA Malaysia ini mulai menunjukkan gejala virus corona atau Covid-19 pada 19 Februari 2020. Dan akhirnya dinyatakan positif teridentifikasi corona.



Sumber: BeritaSatu.com