Fitur Soal Bantu Siswa Hadapi Ujian

Fitur Soal Bantu Siswa Hadapi Ujian
Kelas Pintar, solusi belajar online kembangan PT Extramarks Education Indonesia, meluncurkan fitur soal yang merupakan kumpulan latihan soal online sesuai kurikulum untuk membantu para siswa, di Jakarta, Senin (9/3/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Feriawan Hidayat )
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 10 Maret 2020 | 08:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kelas Pintar, solusi belajar online kembangan PT Extramarks Education Indonesia, meluncurkan kumpulan latihan soal online sesuai kurikulum, yang dirancang untuk membantu siswa menilai tingkat kesiapan mereka dalam menghadapi ujian.

Baca: Kegiatan Positif Dorong Prestasi Akademik Siswa

Melalui fitur soal ini, siswa bisa mengetahui seberapa baik persiapan dan pemahaman mereka pada setiap mata pelajaran dan topik yang telah dipelajari.

Founder Kelas Pintar, Fernando Uffie, menjelaskan, fitur soal tidak hanya menyediakan kumpulan soal berbobot tapi juga materi pelajaran dalam format animasi yang didesain untuk menguatkan pemahaman siswa terhadap konsep dari materi pelajaran.

"Soal dari Kelas Pintar lebih dari sekadar paket latihan, melainkan sebuah solusi untuk meningkatkan literasi atau pemahaman terhadap konsep. Dengan begitu, siswa bisa siap menghadapi segala jenis ujian, baik itu ujian harian, ujian semester ataupun ujian nasional,” kata Uffie, di Jakarta, Senin (9/3/2020).

Baca: Peran Guru Masa Kini di Era Industri 4.0

Lebih lanjut Uffie menjelaskan, dalam paket berlangganan soal dari Kelas Pintar, para siswa bisa mengakses beragam layanan mulai dari penilaian harian yang dilengkapi dengan metode belajar learn, practice and test (LPT), penilaian semester yang berisi kumpulan latihan soal yang dilengkapi pembahasan untuk persiapan penilaian tengah dan akhir semester, serta ujian nasional.

"Disini ada collaborative learning dimana para siswa bisa berinteraksi dengan siswa lainnya dengan cara men-challenge teman mereka untuk mengerjakan quiz. Ada juga try out yang dilakukan secara periodik, sebagai bentuk simulasi dari ujian yang nantinya akan dihadapi oleh para siswa," jelas Uffie.

Soal dari Kelas Pintar sendiri mencakup seluruh subjek mata pelajaran di jenjang K-12 (SD-SMP-SMA) dan sudah disesuaikan dengan kurikulum berlaku. Soal-soal latihan yang ada di dalamnya juga disusun dengan tingkat kesulitan (mudah, sedang, sukar) dan pemahaman (LOTS, MOTS, HOTS) yang beragam dan dikemas secara proporsional.

Baca: Penghapusan UN, Bagaimana Nasib Bimbel Online?

"Saya berterima kasih kepada tim akademik Kelas Pintar yang telah mencurahkan segenap waktu dan kemampuannya untuk membuat dan menyusun soal-soal berbobot ini. Saya percaya apa yang kami lakukan sekarang, akan punya dampak yang besar bagi bangsa ini dimasa yang akan datang," pungkas Uffie.

 



Sumber: BeritaSatu.com