Logo BeritaSatu

Cegah Covid-19, Ahmad Sahroni Usul Sistem Satu Pintu di Bandara

Kamis, 12 Maret 2020 | 21:11 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni mengusulkan pemberlakuan sistem satu pintu di bandara guna mencegah penyebaran virus corona (covid-19). Hal itu dilakukan apabila pemerintah masih akan menerima penerbangan yang datang dari luar negeri. Menurut Sahroni, penjagaan di bandara harus ekstra ketat.

"Jika memang perlu banget ada penerbangan dari Eropa maupun Asia yang masuk ke Indonesia, maka pemerintah bisa mempertimbangkan sistem satu pintu di bandara. Misalnya, pengunjung masuk hanya boleh dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dan keluarnya juga hanya boleh dari Soetta. Dengan begini, kita bisa sangat fokus dalam melakukan pemeriksaan," kata Sahroni, Kamis (12/3/2020).

Sahroni menyatakan pelibatan tim dari TNI dan Polri di bandara demi menghadirkan pemeriksaan dan pencegahan ekstra bagi para pengunjung yang hendak masuk ke Tanah Air juga sangat diperlukan. "TNI dan Polri perlu siaga di pintu masuk dan pintu keluar untuk pengamanan ekstra dan upaya pencegahan, dengan begitu kita waspada dengan cara yang baik," ucap Sahroni.

Diketahui, covid-19 telah terjadi di 114 negara. Organisasi Kesehatan Internasional (WHO) telah mengumumkan virus tersebut sebagai epidemik. Seiring dengan perkembangan ini, berbagai negara seperti Amerika Serikat, India, Arab Saudi, hingga negara-negara Eropa telah memberlakukan kebijakan untuk menolak pengunjung yang datang dari negara-negara dengan angka infeksi yang besar, seperti Tiongkok, Jepang, Italia, hingga Iran.

Sejak Februari 2020, Indonesia sudah memberlakukan larangan masuk bagi pengunjung yang datang dari Tiongkok. Aturan ini bertambah dengan larangan atas pengunjung yang datang dari Iran, Italia, dan Korea Selatan. Sahroni mendorong pemerintah untuk bisa lebih tegas dalam menetapkan kebijakan penutupan penerbangan dari dan ke negara-negara yang memiliki angka infeksi covid-19 yang tinggi.

"Pemerintah Indonesia harus berani mengambil langkah untuk menutup penerbangan yang masuk tidak hanya dari Italia, tapi juga dari negara-negara lain di Eropa. Amerika Serikat sudah memberlakukan kebijakan itu, dan kita juga harusnya bertindak tegas," ujar politisi Partai Nasdem tersebut.

Sahroni pun menyebutkan selain dari Eropa, penerbangan dari Asia juga perlu dipertimbangkan untuk dihentikan. Pemerintah harus berani menutup semua bandara dari penerbangan luar negeri yang datang dari negara-negara dengan angka corona yang tinggi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tingkatkan Minat Baca, Pemprov DKI Gelar Baca Jakarta 2022

Guna meningkatkan minat baca terlebih di kalangan generasi muda, Pemprov DKI Jakarta gelar Baca Jakarta 2022.

NEWS | 1 Oktober 2022

Iran Tangkap 9 Warga Eropa Terkait Aksi Protes Tewasnya Mahsa Amini

Iran menahan sembilan orang warga Eropa di balik gelombang aksi protes yang tengah mengguncang negara itu setelah tewasnya Mahsa Amini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Penyerangan TPNPB di Papua Barat, 4 Tewas 2 Dibakar Bersama Mobil BBM

Penyerangan TPNPB terhadap terhadap 12 pekerja di Teluk Bintuni, Papua Barat, Kamis (29/9/2022) malam, menewaskan 4 korban.

NEWS | 1 Oktober 2022

Badai Ian Bergerak ke Carolina, 21 Dilaporkan Tewas di Florida

Badai Ian kini bergerak menuju wilayah Carolina Selatan pada Jumat, sehari setelah membawa kehancuran di semenanjung Florida, dengan menewaskan 21 orang

NEWS | 1 Oktober 2022

Putusan MK Thailand Buka Jalan untuk PM Prayut Kembali Menjabat

Mahkamah Konstitusi (MK) Thailand pada hari Jumat (30/9/2022) memutuskan, PM Prayut Chan-o-cha tidak melebihi maksimum delapan tahun.

NEWS | 1 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca BMKG: Akhir Pekan, Seluruh Jakarta Hujan Siang hingga Malam

Prakiraan cuaca BMKG, Jakarta pada akhir pekan ini akan diwarnai hujan yang turun ringan hingga lebat.

NEWS | 1 Oktober 2022

Peristiwa Cilegon, MUI: Tak Boleh Halangi Pendirian Rumah Ibadah

MUI menegaskan bahwa, agama Islam tak mengajarkan penganutnya untuk mempersulit pendirian rumah ibadah agama lain.

NEWS | 1 Oktober 2022

TGUPP: Anies Baswedan Atasi Persoalan Banjir di Jakarta

“Banyak program kerja yang sudah dilakukan Pemerintahan Anies Baswedan dalam mengatasi masalah banjir,” ujar Anggota TGUPP, Muslim Muin.

NEWS | 1 Oktober 2022

Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik Keempat dalam Sepekan

Korut kembali menembakkan rudal balistik ke arah pantai timur wilayahnya pada Sabtu (1/10/2022) yang menandai peluncuran keempat dalam sepekan.

NEWS | 1 Oktober 2022

Kecelakaan Mobil Jatuh ke Jurang, Pasutri di NTB Meninggal Terbakar

Satu unit mobil pick up bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas LPG terjun ke dalam jurang sejauh 100 M dan terbakar.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tingkatkan Minat Baca, Pemprov DKI Gelar Baca Jakarta 2022

Tingkatkan Minat Baca, Pemprov DKI Gelar Baca Jakarta 2022

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings