Pandemi Corona, Ini Kata Menpora Terkait Perhelatan Olahraga

Pandemi Corona, Ini Kata Menpora Terkait Perhelatan Olahraga
Menpora Zainudin Amali usai rapat bersama pemangku kepentingan olahraga untuk membahas kelanjutan event olahraga di Kantor Menpora, Jakarta, Jumat (14/3/2020). ( Foto: kemenpora.go.id )
Jayanty Nada Shofa / JNS Sabtu, 14 Maret 2020 | 19:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dengan ditentukannya corona sebagai pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), kelanjutan perhelatan olahraga telah menyita perhatian baik masyarakat maupun pemerintah. Menanggapi hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengadakan pertemuan bersama para pemangku kepentingan olahraga di Kantor Menpora, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

"Pernyataan dari WHO sebagaimana yang sudah diberitakan, tentu kita tidak mengacuhkan atau cuek, tapi kita [tanggapi dengan] serius. Tapi di tengah-tengah keseriusan kita, kita tetap tidak boleh panik. Karena saya menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, kesehatan dan kebugaran dengan tetap berolahraga," ujar Menpora usai rapat.

Zainudin menambahkan, penyelenggaraan kegiatan olahraga akan diserahkan kepada induk organisasi masing-masing dengan syarat memperhatikan situasi yang berlangsung.

"Segala kegiatan olahraga baik yang ada dalam negeri maupun di luar negeri diserahkan kepada induk organisasi masing-masing dengan memperhatikan perkembangan penyebaran virus corona tersebut di Tanah Air. Kegiatan yang melibatkan banyak orang harus memperhatikan situasi dan kondisi di tempat penyelenggaraan dengan sungguh-sungguh," tuturnya.

Tak hanya itu, pihaknya bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan para pemangku kepentingan akan segera merumuskan protokol penanganan virus corona khususnya di lingkungan kegiatan olahraga.

Sebagai informasi, rapat ini dihadiri oleh perwakilan dari Kemenkes, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), National Olympic Committee (NOC), serta badan organisasi cabor seperti olahraga rekreasi FORMI, sepakbola PSSI, voli PBVSI, basket PERBASI.

Turut hadir adalah badan penyelenggara kompetisi olahraga seperti Liga Indonesia Baru (LIB) untuk sepakbola, Proliga untuk voli dan Indonesian Basketball League (IBL).



Sumber: kemenpora.go.id